HOME » BERITA » SUDAH TAHU KALAU MESIN MOTOR MOTO2 SEMUANYA SAMA?

Sudah Tahu Kalau Mesin Motor Moto2 Semuanya Sama?

Semua motor yang berlaga di Moto2 menggunakan mesin dari pabrikan yang sama.

Minggu, 30 Agustus 2020 13:15 Editor : Cornelius Candra
Sudah Tahu Kalau Mesin Motor Moto2 Semuanya Sama?
Federal Oil Gresini Racing Moto2 (MotoGP)

OTOSIA.COM - Gelaran Moto2 sebenarnya tak kalah seru dari MotoGP. Para pembalap yang turun ke sirkuit kerap kali menyajikan persaingan ketat hingga putaran terakhir, bahkan last corner atau tikungan pamungkas.

Banyak yang menyebut bahwa keseruan ini tak terlepas dari regulasi mesin motor Moto2. Ya, semua pembalap dibekali dapu pacu yang sama, 3-silinder inline 765 cc liquid-cooled keluaran pabrikan asal Inggris, Triumph.

1 dari 2 Halaman

Mesin Triumph Moto2

Mengutip dari situs resmi MotoGP, mesin ini menghasilkan tenaga hingga 140 hp yang bertugas membawa motor dan rider dengan bobot maksimal 215 kg meraih juara. Tak tanggung-tanggung, kecepatan maksimumnya bisa menyentuh 300 km/jam.

Menariknya, peserta yang berlaga di Moto2 lebih banyak daripada MotoGP. Pada musim 2020 ini ada 15 tim yang ikut serta dengan total 32 pembalap. Sebenarnya ada 4 konstruktor besar, yaitu Kalex, MV Agusta, NTS, dan Speed Up.

2 dari 2 Halaman

Pada Moto2 ini, berlaga pembalap asal Indonesia, Andi Gilang. Pemilik nama asli Andi Farid Izdihar itu bergabung dalam Idemitsu Honda Asia Team. Sayangnya, ia masih belum bisa mendapat poin lantaran performanya yang kurang memuaskan.

Di ajang Moto2 ternyata banyak juga perusahaan asal Indonesia yang menjadi sponsor, terlebih di tim Federal Oil Gresini Moto2. Karena itu, di motornya akan banyak merek yang familiar, sebut saja Aspira, aki GS Astra, hingga Antangin. Pit crew mereka juga menggunakan baju keluaran Respiro.

BERI KOMENTAR