HOME » BERITA » SUDAH TAHU SEJARAHNYA POLISI TIDUR? BACA INI DULU

Sudah Tahu Sejarahnya Polisi Tidur? Baca Ini Dulu

Menjawab berbagai misteri mengenai polisi tidur, termasuk polisi tidur pertama.

Selasa, 16 April 2019 17:15 Editor : Cornelius Candra
Polisi tidur (pittmantraffic.co.uk)

OTOSIA.COM - Salah satu komponen jalan yang terkadang dianggap mengganggu di Indonesia namun juga berfungsi sebagai sarana keselamatan ialah polisi tidur. Ketika melewatinya, para pengendara harus menurunkan kecepatan.

Namun, tahukah Otolovers sejarah polisi tidur?

Seperti sempat ditulis oleh New York Times, polisi tidur awalnya muncul pada tahun 1906 silam. Idenya masih sama dengan sekarang, yaitu meninggikan jalan sepanjang 5 inci untuk mengurangi kecepatan kendaraan yang melintas.

Mengutip dari Speedbumpsandhumps.com, istilah polisi tidur juga digunakan di Inggris, "sleeping policeman". Di beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat, mereka menyebutnya sebagai speed bump.

Sayangnya, belum diketahui orang yang mempopulerkan istilah polisi tidur di Indonesia. Yang jelas, kata-kata ini telah tercatat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sejak tahun 1984 dan bermakna rintangan berupa jalan yang ditinggikan secara melintang untuk menghambat kecepatan berkendara.

Di Indonesia, aturan mengenai polisi tidur tercatat pada UU no. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Memang di situ tak ada istilah polisi tidur, namun disebut sebagai tanggul jalan.

Tak hanya Indonesia, polisi tidur sampai saat ini juga diterapkan di berbagai belahan dunia, seperti Eropa, Amerika, dan berbagai negara Asia lainnya. Fungsinya sama, untuk mengurangi kecepatan kendaraan yang melintas dan mencegah kecelakaan.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR