HOME » BERITA » SUKA NGEBUT DI TOL? AWAS KINI ADA KAMERA PENGAWAS KECEPATAN

Suka Ngebut di Tol? Awas Kini Ada Kamera Pengawas Kecepatan

Rabu, 08 November 2017 15:30 Editor : Arry
Suasana Tol Dalam Kota (Youtube)

OTOSIA.COM - Pengendara di ruas tol Jakarta tidak dapat lagi memacu mobilnya dengan kecepatan tinggi atau melebihi batas maksimal yang sudah ditentukan. Sebab, kini sudah ada 73 kamera yang akan memantau gerak-gerik pengendara di jalan tol.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Royke Lumowa, menyatakan pihaknya telah memasang sebanyak 73 speeding camera atau kamera pengawas kecepatan di sejumlah titik di Ibu Kota Jakarta.

"Dan sudah diberlakukan," kata Royke seperti dilansir Merdeka.com, Rabu (8/11/2017).

Royke menjelaskan, speeding camera ini akan memudahkan pihaknya mengidentifikasi pengendara yang doyan kebut-kebutan di jalan tol. Nantinya, polisi akan dapat langsung mengetahui data pelanggar tersebut.

"Ini nanti akan masuk pusat data kami, jadi bisa diketahui data pelanggarannya sehingga penindakan hukum akan lebih mudah. Kami bisa mengirimkan surat teguran atau surat tilang ke rumah pemilik kendaraan. Kan sudah diketahui alamatnya," jelasnya.

Selain itu, dengan dipasangnya speeding camera ini, angka kecelakaan di ruas tol akan berkurang. "Jadi masyarakat mulai aware. Sehingga bisa mengurangi kecelakaan," ujarnya.

Royke menjelaskan, speeding camera ini nantinya tak hanya dipasang di Jakarta saja. Kamera ini juga akan dipasang di provinsi lainnya.

"Masing-masing ada 20 kamera ya. Jadi ini bertahap, mudah-mudahan semua provinsi bisa gunakan sistem ini," ujarnya.

 (kpl/ary)

BERI KOMENTAR