HOME » BERITA » SUKSES DENGAN ROCKY, DAIHATSU SIAPKAN 10 MOBIL BARU UNTUK NEGARA BERKEMBANG TERMASUK INDONESIA

Sukses dengan Rocky, Daihatsu Siapkan 10 Mobil Baru untuk Negara Berkembang Termasuk Indonesia

Daihatsu Rocky yang juga menjadi dasar Perodua Ativa di Malaysia disebut menjadi contoh sempurna mobil produksi Daihatsu yang disesuaikan dengan kondisi negara tertentu.

Rabu, 23 Juni 2021 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Sukses dengan Rocky, Daihatsu Siapkan 10 Mobil Baru untuk Negara Berkembang Termasuk Indonesia
Daihatsu Rocky (Daihatsu)

OTOSIA.COM - Daihatsu memroduksi mobil-mobil baru yang disesuaikan dengan negara-negara Asia Tenggara. Mobil-mobil itu khsusunya disesuaikan dengan negara berkembang seperti Malaysia dan Indonesia.

Melansir Paultan dari Asia Nikkei, contoh paling sempurna adalah kehadiran Daihatsu Rocky yang juga menjadi dasar Perodua Ativa di Malaysia.

Di Malaysia sendiri, model ini cukup mendapatkan sambutan yang positif. Bahkan, penjualannya mencapai 4.000 sampai 5.000 unit per bulan. Sedangkan model yang diproduksi di indonesia, juga akan diekspor ke 50 negara berkembang lainnya, meskipun dalam bentuk Toyota Raize.

1 dari 2 Halaman

(c) Paultan

Dengan kesuksesan Daihatsu Rocky, pabrikan berencana menambah 10 model lagi pada 2025. Rencana ini, akan didukung dengan metode produksi yang cepat dengan biaya rendah, yang menggunakan platform DNGA.

Sementara itu, pabrikan yang memang ahli dalam membuat mobil kompak ingin menghadirkan model sebanyak mungkin, sebelum rea elektrifikasi berlangsung di negara-negara berkembang. Namun, dengan platform DNGA, Daihatsu juga siap memanfaatkannya dengan membangun mobil yang siap terhubung, otonom, dan listrik.

Tapi, untuk waktu pastinya terkait mobil listrik Daihatsu ini belum terungkap. Meskipun sebelumnya, perusahaan berencana untuk memperkenalkan versi hibrida dari Rocky akhir tahun ini.

2 dari 2 Halaman

Bukan Mobil Mewah, Inilah Karakter Pembeli Daihatsu Rocky

Kehadiran Daihatsu Rocky membuat pasar otomotif semakin beragam. Bukan sekadar jenis baru, tapi Rocky bisa disebut sebagai mobil hobi namun bukan berada di level mobil mewah.

Karakter pembelinya pun menarik untuk dikulik. Menurut ADM, konsumen Rocky bukanlah orang yang baru kali pertama membeli mobil.

"Bicara Rocky, biasanya pembeli pertama bukan yang menjadi target market. Biasanya additional buyer," kata Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dalam jumpa pers virtual, Kamis (17/6/2021). 

Menurutnya, Rocky varian tertinggi justru menjadi yang terlaris. Hal itu terlihat dari penjualan awal, yakni 500 pembeli pertama.  Sementara jika berbicara pembeli pemula, biasaya mereka memiliki kebiasaan untuk menunggu mobil tersebut sudah banyak dipakai orang. 

"Kirim 500 orang itu harga yang paling tinggi semua. Jadi saya meyakininya mereka adalah customer-customer atas yang existing," ujarnya.

Reporter: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR