HOME » BERITA » SUPAYA AMAN, PERHATIKAN BEBERAPA HAL BERIKUT SAAT TERPAKSA MENEPI DI JALAN TOL

Supaya Aman, Perhatikan Beberapa Hal Berikut saat Terpaksa Menepi di Jalan Tol

Dalam kondisi darurat, pengendara mobil yang sedang melaju di jalan tol diperbolehkan untuk menepi ke bahu jalan. Meski begitu, para pengendara mobil yang menepi harus tetap hati-hati.

Selasa, 02 Juli 2019 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Supaya Aman, Perhatikan Beberapa Hal Berikut saat Terpaksa Menepi di Jalan Tol
Ilustrasi mogok di jalan tol (everystockphoto.com)

OTOSIA.COM - Dalam kondisi darurat, pengendara mobil yang sedang melaju di jalan tol diperbolehkan untuk menepi ke bahu jalan. Meski begitu, para pengendara mobil yang menepi harus tetap hati-hati.

Sebab masih banyak kendaraan yang melaju dengan kecepatan cukup tinggi di jalan tol. Melansir laman resmi Auto2000, saat berhenti darurat di jalan tol, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, berhentilah di posisi yang aman dengan berpatokan pada garis lurus sebagai pembatas bahu jalan. Sebagai gambaran, minimal jarak sekitar 50 cm.

Pastikan kontur bahu jalan mendukung untuk berhenti, seperti tidak miring atau rusak. Tekuk spion luar untuk mengurangi risiko tersenggol mobil lain. Kemudian, waspada saat buka dan tutup pintu mobil di sisi kanan.

Bukalah sedikit, intip ke belakang melalui celah, jika sudah aman baru buka pintu secukupnya. Penumpang juga bisa memanfaatkan pintu kiri untuk turun dan naik.

1 dari 1 Halaman

Penumpang Wajib di Luar

Supaya Aman, Perhatikan Beberapa Hal Berikut saat Terpaksa Menepi di Jalan TolPenumpang Wajib di Luar

Sebelumnya, pastikan lampu hazard sudah dinyalakan. Ambil segitiga pengaman dari bagasi dan pasang di belakang mobil dengan jarak sekitar minimal lima kali bodi mobil untuk lebih aman. 

Kemudian, lakukan pengecekan pada bagian yang dicurigai bermasalah. Saat proses berlangsung, penumpang waib menunggu di luar mobil. Posisi penumpang tidakboleh di belakang mobil untuk menghindari risiko tertabrak dari belakang. 

Posisi terbaik adalah di depan sebelah kiri mobil dan bisa melihat kondisi di belakang mobil sebagai langkah antisipasi jika ada mobil lain nyelonong. 

Jangan terlalu lama berhenti di bahu jalan. Kalau masalah sudah ketemu dan bisa diperbaiki, segeralah melanjutkan perjalanan. Tapi jika ternyata tidak terselesaikan, sefera hubungi petugas tol untuk menderek kendaraan.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR