HOME » BERITA » KENAPA SUPER CUB C70 DISEBUT 'HONDA KALONG'?

Kenapa Super Cub C70 Disebut 'Honda Kalong'?

Kamis, 13 April 2017 19:15

Kenapa Super Cub C70 Disebut 'Honda Kalong'?
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin Mobil Terkait : Mobil Honda Jazz Dijual

Otosia.com - Honda C70 merupakan salah satu model dari Honda Super Cub yang diproduksi secara terus menerus sejak tahun 1958 sampai hari ini. Memiliki model diantaranya Honda C100, C50, C70, C90, C100EX dan C70 Passport.

Sedangkan untuk Indonesia varian yang paling banyak digemari untuk saat ini yakni jenis Honda C70. Hal tersebut bisa dilihat dari masih banyak ditemuinya pengguna motor ini di beberapa sudut jalan. Meskipun terkadang motor tersebut sudah bukan original melainkan hasil modifikasi.

Karena saking populernya, Honda C70 juga memiliki beberapa julukan, tergantung daerah domisili sang pemiliki. Seperti di kota Kediri dan sekitarnya, motor ini juga disebut dengan 'Honda Kalong'.

Padahal kita ketahui 'Kalong' sendiri merupakan sebutan orang Jawa untuk binatang pemakan buah yang bisa terbang dan hidupnya di Malam hari. Menurut Wikipedia 'Kalong' adalah anggota bangsa kelelawar (Chiroptera).

Belum diketahui secara pasti kenapa di kota Kediri nama bintang tersebut diadopsi menjadi nama motor Honda C70. Sejumlah pendapat mengatakan, "Kemungkinan karena Honda C70 memiliki sayap yang mirip dengan 'Kalong'."

Melihat tampilan Honda C70 sendiri memang kelihatan seperti sayap di bagian fairingnya. Bentuknya sangat berbeda dengan motor-motor jaman sekarang, tipis melengkung ke atas layaknya sebuah 'sayap'.

Sekedar tambahan informasi untuk menegaskan kepopuleran Honda Super Cub, motor ini memiliki catatan sebagai motor yang paling banyak di produksi di dunia sepanjang sejarah. Produksinya, pada tahun 2014 tercatat sudah lebih dari 87 juta unit sepeda motor.

(kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-7-22
detail

BERITA POPULER