HOME » BERITA » SUPERBIKE BARU DUCATI SIAP MENGASPAL DI VIETNAM, BERIKUTNYA INDONESIA?

Superbike Baru Ducati Siap Mengaspal di Vietnam, Berikutnya Indonesia?

Ducati Vietnam telah menerima Panigale V4R pertama dan akan dirilis dalam waktu dekat. Apakah berikutnya superbike ini dikirim ke Indonesia?

Senin, 25 Februari 2019 11:15 Editor : Cornelius Candra
Ducati Panigale V4R (motorcycle.com)

OTOSIA.COM - Setelah resmi dirilis dalam gelaran EICMA 2018 lalu, Ducati Panigale V4R akan segera beredar untuk pasar Vietnam. Mengutip dari Motosaigon.vn, kabarnya superbike ini akan dibanderol VND2 miliaran, sekitar Rp1,2 miliaran (VND1 = Rp0,61).

Kabarnya, motor gede (moge) ini akan dirilis secara resmi di Vietnam pada Maret 2019 mendatang. Pasalnya, Ducati Panigale V4R pertama telah sampai di dealer Ducati Vietnam.

Sama seperti versi Eropa, superbike ini memiliki desain fairing yang diadopsi dari motor di ajang balap MotoGP dan World Superbike (WSBK). Ya, moge sport tersebut memiliki aero-fairing, lengkap dengan winglet dan beberapa komponen karbon.

Seperti sempat dikabarkan sebelumnya, disematkannya komponen tersebut merupakan efek dari regulasi WSBK yang memperbolehkan pabrikan untuk menggunakan winglet atau pun aero-fairing asalkan menjual produk massal dengan komponen serupa.

Sebenarnya, pabrikan asal Bologna, Italia ini juga menawarkan berbagai komponen tambahan yang diberi nama Ducati Corse Aero Pack. Pada paket tersebut terdapat sepasang winglet samping, winglet depan, windscreen, dan sistem ventilasi baru pada radiatornya.

Berbagai komponen tersebut diciptakan untuk mennyepurnakan aerodinamika dengan meningkatkan gaya tekan ke bawah dan mengurangi koefisien drag pada Ducati Panigale V4R. Selain itu, penggunaan ventilasi radiator baru menjaga suhu mesin supaya tetap pada performa terbaiknya.

Usaha Ducati untuk meningkatkan performa tak hanya berhenti di situ. Panigale V4R juga menggunakan sasis khusus yang lebih ringan dibanding Panigale V4S. Selain itu, posisi swing-arm dapat disesuaikan sehingga sesuai dengan karakter dan keinginan pengendaranya.

Sektor kaki-kaki Ducati Panigale V4R juga bisa dibilang istimewa. Superbike ini dibekali suspensi depan upside-down NPX 25-30 dan belakang menggunakan monoshock TTX36 single-sided swing-arm keluaran pabrikan ternama asal Swiss, Ohlins.

Untuk urusan performa, Ducati Panigale V4R mengandalkan mesin Desmosedici Stradale V4 90 998 cc bertenaga 221 hp. Dapur pacu ini telah menggunakan beberapa komponen titanium dan dipadukan dengan knalpot khusus keluaran Akrapovic.

Kemungkinan Ducati Panigale V4R juga akan segera mengaspal di Indonesia dalam waktu dekat. Pasalnya, pabrikan yang bermarkas di Bologna Italia itu telah memasarkan 3 varian Panigale V4 lainnya, yaitu standar, S, dan Speciale.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR