HOME » BERITA » SURABAYA-BANYUWANGI, JAJAL XPANDER CROSS TERABAS BANJIR

Surabaya-Banyuwangi, Jajal Xpander Cross Terabas Banjir

Begini rasanya jajal Xpander Cross untuk lewati banjir

Selasa, 04 Februari 2020 13:15 Editor : Ahmad Muzaki
Surabaya-Banyuwangi, Jajal Xpander Cross Terabas Banjir
Mitsubishi Xpander Cross (Istimewa)

OTOSIA.COM - Xpander Cross merupakan suguhan baru dari Xpander yang sudah ada dengan sejumlah keunikan. Kami mencobanya saat Mitsubishi tengah mengadakan tur 400 km lebih dari Surabaya ke Banyuwangi.

Usai menempuh 75 km dari Surabaya ke Pasuruan, Xpander Cross itu akhirnya kami jajal.

Dari Lawang, Jawa Timur, kami berganti mobil ini. Tancap gas langsung ke kota Jember.

Bicara rute ini, sudah barang tentu kami banyak melewati perkotaan yang padat. Ini menjadi tantangan menguji SUV 7 penumpang tersebut soal performa mesin, kenyamanan, dan kelincahannya.

1 dari 3 Halaman

Wilayah Jawa Timur saat itu tengah diguyur hujan. Beberapa ruas jalan yang dilalui banyak tergenang banjir hingga selutut orang dewasa. Ini menjadi pemandangan lumrah. Ketinggian air antara 30-40 cm masih aman kami libas.

Cukup tinggi memang, dan akhirnya Cross menghadapi tantangan yang cukup realistis terjadi di Indonesia belakangan ini.

Ketinggian bodi ke tanah 22,5 cm membuat mobil ini memungkinkan untuk membelah genangan air yang cukup dalam tanpa kehilangan banyak tenaga.

2 dari 3 Halaman

Satu kejadian unik lainnya kemudian dirasakan saat melintasi jalan gelap dan becek. Manakala kami menggeber 80 km/jam di gigi 4 untuk menyusul rombongan di depan, tiba-tiba dua kucing melintas di depan kami. Alhasil, kami melakukan rem mendadak, sekaligus membuang setir ke kanan.

Alhamdulilah Xpander Cross sigap menghindarinya. Rem ABS yang terpasang di dalamnya pantang mengunci dan bekerja sama dengan faktor handling, serta setir enteng, dan grip ban.

3 dari 3 Halaman

Sebenarnya kami sempat shock di dalam karena tidak ingin hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW ini menjadi korban test drive kami, apalagi trek yang harus kami selesaikan masih sekitar 100 km lagi.

Usai tes berbumbu drama ini, alhamdulillah perjalanan lancar hingga ke titik akhir. Sekalipun, Xpander Cross mesti ditantang oleh tipikal jalan padat arus, becek, genangan air, serta banyak penduduk dan anak-anak di bibir jalan.

BERI KOMENTAR