HOME » BERITA » SURVEI: PENYANDANG DISABILITAS KESULITAN MENGGUNAKAN PENGISI DAYA KENDARAAN LISTRIK

Survei: Penyandang Disabilitas Kesulitan Menggunakan Pengisi Daya Kendaraan Listrik

Berdasarkan survei terbaru, penyandang disabilitas kesulitan menggunakan pengisi daya kendaraan listrik

Minggu, 27 Desember 2020 13:15 Editor : Ahmad Muzaki
Survei: Penyandang Disabilitas Kesulitan Menggunakan Pengisi Daya Kendaraan Listrik
Ilustrasi penyandang disabilitas hendak mengisi daya mobil listrik (Carscoops)

OTOSIA.COM - Kendaraan listrik diyakini akan semakin bertumbuh beberapa tahun ke depan. Hanya saja berdasarkan survei terbaru jenis kendaraan ini masih belum begitu ramah untuk para penyandang disabilitas.

Survei tersebut dilakukan oleh perusahaan pemetaan kendaraan listrik asal Inggris, Zap-Map yang bekerjasama dengan badan amal yang berfokus pada akses mobilitas penyandang disabilitas, Motability kepada 2.200 pengemudi kendaraan listrik di Inggris.

1 dari 2 Halaman

Melansir Carscoops, hasilnya ditemukan fakta bahwa penyandang disabilitas masih kesulitan dalam menggunakan pengisi daya kendaraan listrik. Komponen tersebut masih belum ramah atau sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ada beberapa keluhan penyandang disabilitas terkait kendaraan listrik, di antaranya adalah tempat pengisian daya yang masih sulit ditemukan, berat kabel pengisi daya, dan sulitnya mengisi daya.

2 dari 2 Halaman

Selain itu, ada keluhan mendasar yang ditemukan dari survei tersebut, yakni tempat charging station. Penyandang disabilitas cukup kesulitan untuk aksesnya, apalagi charging station biasanya ditempatkan di dekat trotoar.

Kesulitan-kesulitan tersebut kemungkinan menjadi faktor penyebab angka kepemilikan kendaraan listrik oleh penyandang disabilitas sangat kecil. Tercatat hanya ada 20 persen dari total penyandang disabilitas di Inggris yang telah memiliki kendaraan listrik.

BERI KOMENTAR