HOME » BERITA » SURVEI TERBARU: ANAK MUDA SERING MELAKUKAN VIDEO CALL DAN MAIN GAME SAAT MENGEMUDI

Survei Terbaru: Anak Muda Sering Melakukan Video Call dan Main Game Saat Mengemudi

Berdasarkan survei terbaru, anak muda memiliki kecenderungan untuk melakukan video call saat mengemudi

Kamis, 08 Oktober 2020 20:15 Editor : Ahmad Muzaki
Survei Terbaru: Anak Muda Sering Melakukan Video Call dan Main Game Saat Mengemudi
Ilustrasi mengoperasikan smartphone saat mengemudi (Autoexpress)

OTOSIA.COM - Ponsel genggam selama ini memang memicu perdebatan panas di dunia otomotif. Penggunaannya ketika berkendara dinilai bisa memicu kecelakaan. Sebab smartphone dapat mengalihkan fokus pengendara dari jalanan.

Kini penggunaan ponsel genggam saat mengemudi tidak hanya mengirim pesan saja, tetapi juga video call. Hal itu diketahui dari survei terbaru yang dilakukan RAC terkait otomotif kepada 3.068 pengemudi.

1 dari 2 Halaman

Melansir Autoexpress, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa 8% pengendara kerap melakukan video call saat mengemudi. Angka tersebut meningkat 18% untuk pengemudi berusia 17 sampai 24 tahun. Sedangkan pengendara berusia 25 sampai 44 tahun berada di angka 13%.

Tak hanya itu saja, kebiasaan buruk lain pun juga ditemukan dari hasil survei tersebut. Diketahui 9% pengemudi berusia 17 hingga 24 tahun mengaku bermain game ponsel saat berkendara.

2 dari 2 Halaman

Kemudian 29% pengendara mengaku bahwa mereka kerap melakukan atau menerima panggilan telepon saat berkendara. Angka tersebut lebih banyak dari tahun lalu sebesar 5%.

Sedangkan pengemudi yang mengirimkan pesan saat berkendara hanya 8%. Artinya turun 14% dibandingkan tahun lalu.

Terkait permasalah-permasalah itu, sebanyak 32% dari pengemudi yang disurvei mengatakan bahwa masalah penggunaan ponsel saat mengemudi benar-benar mengkhawatirkan mereka. Dan 79% ingin pihak berwenang menggunakan CCTV untuk menindak pelaku yang melanggar hukum.

BERI KOMENTAR