HOME » BERITA » SUSAH OPER GIGI MUNDUR, COBA CEK KOMPONEN INI DI MOBIL ANDA

Susah Oper Gigi Mundur, Coba Cek Komponen Ini di Mobil Anda

Ada beberapa cara dulu yang bisa dilakukan. Apabila kejadian berulang langsung cek komponen mobil ke bengkel.

Kamis, 16 November 2017 11:15 Editor : Rohimat Nurbaya
Ilustrasi transmisi manual (performancedrive.com.au)

OTOSIA.COM - Biasanya salah satu kendala pada kendaraan transi manual adalah sussah saat perpindahan gigi mundur. Karena itu pula, bisanya harus bersusah payah tiap kali ingin mengoper tuas transmisi ke gigi mundur. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan gigi perseneling mundur susah masuk.

Apabila gigi perseneling ini susah untuk dioper pasti ada beberapa hal yang menyebakan masalah ini, diantaranya adalah karena sudah habisnya kampas kopling mobil, kabel tuas transmisi macet. Kemudian masuk angin pada bagian master kopling untuk tipe hidrolik.

Secara umum memang kontruksi dari transmisi mobil manual pada gigi mundurnya tidak terdapat komponen yang namanya syncromes, melainkan langsung antara dua gigi yang bersinggungan. Karena itu, pada proses perpindahan tuas transmisi ke gigi mundur ini memiliki perlakuan yang berbeda dengan jika kita memasukkan gigi perseneling ke gigi 1, 2, 3, 4, 5.

Karena itulah ketika melakukan pengoperan ke gigi mundur disaat yang tidak tepat, dalam artian posisi antar gigi tersebut belum sejajar, maka bisa dipastikan gigi perseneling tidak bisa dioper ke posisi R.

Untuk kondisi yang normal ketika mengalami susah masuk ke gigi mundur, yang perlu dilakukan adalah cukup dengan memosisikan gigi perseneling pada posisi netral. Kemudian lepas pedal kopling dan kembali menekannya sembari memindahkan tuas yang semula pada posisi netral ke gigi mundur.

Kemudian hal penting harus diperhatikan, pastikan menunggu kendaraan sampai berhenti dengan sempurna terlebih dahulu dengan cara mengerem, baru kemudian memindahkan gigi perseneling dari posisi gigi selain mundur ke gigi mundur, hal ini bertujuan agar putaran mesin berhenti secara sempurna dan mempermudah dalam perpindahan tuas perseneling ke gigi mundur, selain itu agar menjaga roda gigi di dalam transmisi tidak rompal atau aus.

Jika cara di atas masih tidak bisa, alias masih susah, cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memasukkan terlebih dahulu tuas transmisi ke gigi 1, baru kemudian ulangi langkah diatas yakni menekan pedal kopling dengan kuat dan mengoperkan tuas perseneling ke gigi mundur lagi.

Namun jika kejadian ini terus terusan terulang, dalam artian setiap kali kita hendak memindahkan perseneling ke gigi mundur namun selalu saja gagal. Lalu seperti terasa ada yang mengganjal, mungkin memang ada masalah pada sistem transmisi mobil. Misalnya saja, kanvas kopling yang sudah tipis, atau setelan pedal kopling yang kurang pas, sehingga menyebabkan kejadian ini terulang dan terulang lagi. Untuk itu lebih baik dicari penyebabnya terlebih dahulu.

(kpl/mat)

BERI KOMENTAR