HOME » BERITA » SUSPENSI BELAKANG PRO-LINK, APA MAKSUDNYA?

Suspensi Belakang Pro-Link, Apa Maksudnya?

Rabu, 11 Juli 2018 16:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Motorcycle.com

OTOSIA.COM - Secara garis besar, suspensi belakang terbagi dalam dua jenis, yaitu suspensi tunggal (monoshock/ single suspension) dan suspensi ganda (dualshock/ twin suspensio). Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Khusus untuk suspensi belakang tunggal atau monoshock, terkadang kita menjumpai jenis Pro-Link Suspension ketika membaca spesifikasi beberapa motor Honda secara detail, salah satunya All New Honda CBR150R.

Lantas, apa maksud dari Pro-Link Suspension? Apa kelebihannya?

Dilansir dari Hondacengkareng.com, Pro-Link Suspension diklaim mampu meningkatkan kenyamanan berkendara ketika melibas jalanan yang tidak rata atau medan off-road. Hal itu terjadi karena monoshock ini lebih progresif dan fleksibel ketika bekerja.

Jika melihat konstruksinya secara detail, pada Pro-Link Suspension terdapat dua panel tambahan yaitu, connecting rod dan cushion-arm. Keduanya menghubungkan sasis, suspensi, dan swing-arm. Dengan kata lain, suspensi tidak menopang swing-arm dan sasis sekaligus.

Secara sederhana, dengan penggunaan Pro-Link Suspension, jarak antara swing-arm dan body belakang motor akan menyempit. Hal ini terjadi lantaran connecting rod yang bergerak naik. 

Jadi, ketika melalui jalanan dengan kontur bergelombang, swing-arm akan naik sehingga ruang antara ban dan spakbor belakang berkurang. Dengan demikian, posisi motor akan tetap sehingga lajunya menjadi lebih stabil.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR