HOME » BERITA » SUSPENSI SKUTER DUA RODA DEPAN RENTAN TERKUNCI KETIKA BELOK, INI PENYEBABNYA

Suspensi Skuter Dua Roda Depan Rentan Terkunci Ketika Belok, Ini Penyebabnya

Sempat memunculkan kekhawatiran jika suspensi skuter dua roda depan rentan terkunci sewaktu-waktu saat menikung. Hal ini pernah terjadi pada salah satu merek Eropa di mana suspensi tidak kembali tegak usai berbelok.

Minggu, 15 Desember 2019 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Suspensi Skuter Dua Roda Depan Rentan Terkunci Ketika Belok, Ini Penyebabnya
Skuter Qooder (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Indonesia menjadi pasar yang subur bagi penjualan sepeda motor. Tidak hanya motor konvensional yang punya dua roda, motor roda tiga hingga empat turut meramaikan pasar skuter premium di Tanah Air. Harganya pun terbilang tinggi, yakni mencapai ratusan juta.

Tercatat ada Piaggio MP3, Yamaha Tricity, Can-am Spyder, hingga terakhir masuk merek skuter roda empat asal Swiss, Qooder.

Sempat memunculkan kekhawatiran jika suspensi pada kedua roda depannya rentan terkunci sewaktu-waktu saat menikung. Hal ini pernah terjadi pada salah satu merek Eropa di mana suspensi tidak kembali tegak usai berbelok.

Kerusakan sistem sensor elektronik dituding sebagai biang keladi suspensi tidak kembali ke posisi tegak.

1 dari 4 Halaman

Bagaimana dengan skuter Qooder

Suspensi Skuter Dua Roda Depan Rentan Terkunci Ketika Belok, Ini PenyebabnyaBagaimana dengan skuter Qooder

Lantas bagaimana dengan skuter Qooder yang punya empat roda? PT Enduro Republik selaku pemasar Qodeer menjamin masalah suspensi mengunci tidak terjadi lantaran sistem penggeraknya tidak menggunakan sensor elektronik.

?Biasanya suspensi ngelock itu yang elektronik. Kalau sensor kotor atau rusak bisa saja begitu. Tapi kalau Qooder itu sistem kerjanya mekanikal, bukan sensor. Sama seperti motor karburator deh. Mekanikal kalau dari awal fail, ya fail. Dengan konvensional seperti ini, mekanikal, diharapkan lebih reliable,? ujar Budi Kurniawan selaku Sales & Director PT Enduro Republik.

Menurut Budi, Qooder punya sistem parking brake atau handbrake. Rem berada di kaki sebelah kanan. ?Kalau mau kunci (suspensi) bisa. Ngelock saat posisi tegak, kalau miring ngak. Tapi permanen lock, sambil rem bisa buka bagasi,? jelasnya.

2 dari 4 Halaman

Teknologi Suspensi Qooder

Suspensi Skuter Dua Roda Depan Rentan Terkunci Ketika Belok, Ini PenyebabnyaTeknologi Suspensi Qooder

PT Enduro Republik sendiri baru saja merilis skuter premium Qooder yang baru pertama kali diluncurkan di Asia Tenggara. Skuter ini memiliki keunikan yaitu mempunyai 4 roda.

Qooder punya teknologi suspensi yang unik yang diberi nama HTS atau Hydraulic Tilting System yang membuat setiap roda bekerja secara independent atau terpisah.

3 dari 4 Halaman

Spesifikasi Mesin

Suspensi Skuter Dua Roda Depan Rentan Terkunci Ketika Belok, Ini PenyebabnyaSpesifikasi Mesin

Skuter ini dibekali mesin 400cc satu silinder bertransmisi automatic CVT dengan tenaga maksimum 23,8 kW/ 32,5 hp pada 7000 rpm dan torsi maksimum 38,5 Nm/28.39ft lbs pada 5000 rpm

Dengan bekal tersebut Q00der sanggup berlari sampai dengan kecepatan 140 km/jam, ditopang ban dengan ukuran 14 Inchi membuat berkendara di medan yang tidak rata menjadi lebih mudah.

4 dari 4 Halaman

Harga Skuter Qooder

Suspensi Skuter Dua Roda Depan Rentan Terkunci Ketika Belok, Ini PenyebabnyaHarga Skuter Qooder

Qooder dibanderol dengan harga Rp 357.000.000 on the road Jakarta, dengan lima warna pilihan, yakni Glossy Snow White, Glossy Swiss Red, Matte Ceresio Blue, Matte Titanium Grey, dan Matte Raw Black.

BERI KOMENTAR