HOME » BERITA » SUZUKI BALENO DIBIKIN DI INDONESIA, INI SYARATNYA

Suzuki Baleno Dibikin di Indonesia, Ini Syaratnya

Suzuki Baleno facelift masih berstatus CBU India. Tapi Suzuki Baleno sebenarnya bisa diproduksi di Indonesia dengan beberapa syarat.

Jum'at, 20 Desember 2019 19:00 Editor : Cornelius Candra
Suzuki Baleno Dibikin di Indonesia, Ini Syaratnya
Suzuki Baleno facelift (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Di saat pasar hatchback nasional yang belum bergerak naik Suzuki tetap menaruh harapan terhadap New Baleno. Model baru ini pun diluncurkan di Jakarta, Jumat (20/12).

Namun Suzuki belum berencana memproduksi Baleno di Indonesia dan memilih tetap mengimpornya langsung dari India. Dalam sebulan SIS mendatangkan 500 unit Baleno dari India.

Penjualan segmen sedan hatchback yang kecil menjadi alasan Suzuki untuk tidak memproduksinya di Indonesia. Setiap bulan, total penjualan hatchback di Indonesia angkanya tidak lebih dari 2.500 unit. Dari angka tersebut kue yang didapat Baleno terbilang kecil.

Suzuki menyatakan siap melokalkan Baleno jika capaian pasar hatchback terus tumbuh jauh di atas angka 2.500 unit, dan Baleno menjadi salah satu model terlarisnya.

1 dari 2 Halaman

Perhitungan Ongkos Produksi

Suzuki Baleno Dibikin di Indonesia, Ini SyaratnyaPerhitungan Ongkos Produksi

"Bicara spesifik, hatchback kira-kira volumenya berapa, baru kita lokalisasi. Akan tetapi kalau kita lihat secara total volume pangsa pasar hatchback sendiri yang kira-kira 2.500 unit per bulan campuran beberapa merek, ini agak susah (melokalkan)," kata Dony Saputra, 4W Marketing Director SIS.

Faktor lain yang bikin Baleno tidak dibuat di Indonesia adalah persoalan ongkos produksi dan harga jual. Faktor-faktor di atas yang membuat Suzuki tidak berniat bikin Baleno di pabriknya di Bekasi.

"Setiap produk mempunyai komposisi yang berbeda-beda. Karena ini berkaitan dengan harga jual produk, biaya produksi produk, dan nilai keekonomisan produk tersebut. Jadi volume produk tergantung dari jenis produknya sendiri," terangnya.

Baleno generasi ke-6 yang luncur di Indonesia punya desain eksterior dan interior lebih modern dari pendahulunya. Suzuki menambahkan sejumlah fitur baru pada New Baleno, seperti LED Projector Headlamp, Sporty Black Polished Alloy Wheel, Sporty New Bumper Design with New Grill & Foglamp Design, serta Spacious Cabin with New Interior Color and Pattern.

2 dari 2 Halaman

Harga Suzuki Baleno

Suzuki Baleno Dibikin di Indonesia, Ini SyaratnyaHarga Suzuki Baleno

Hatchback ini tetap mengusung jantung pacu yang sama dengan model lama, mesin K148 berkapasitas 1.373 cc, yang sanggup memuntahkan tenaga 92,4 PS pada 6 000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm serta dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Kelengkapan lain, terdapat push start/stop button and keyless entry, tilt & telescopic steering, auto climate A/C with heater, leather steering wheel with switch audio controls and bluetooth phone connection, attractive multi
information display, serta audio touch screen.

New Baleno dijejali fitur keselamatan Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Dual SRS Airbag, ISOFIX, dan new generation platform.

New Baleno hadir dalam dua varian. Tipe transmusi manual dijual Rp 221 juta dan transmisi otomatis dibanderol Rp 233,5 juta.

Pilihan warna yang ditawarkan terdiri dari Solid Fire Red, warna baru Metallic Magma Grey, Metallic Premium Silver, Pearl Arctic White, Prime Stargaze Blue, Dan Pearl Midnight Black.

BERI KOMENTAR