HOME » BERITA » SUZUKI BALENO HATCHBACK MULAI MENGANCAM SMALL HATCHBACK LAINNYA

Suzuki Baleno Hatchback Mulai Mengancam Small Hatchback Lainnya

Kamis, 28 Maret 2019 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Suzuki Baleno Hatchback (Overdrive)

OTOSIA.COM - Segmen mobil Small Hatchback saat ini terbilang cukup sepi, tercatat hanya ada 4 mobil yang bersaing cukup ketat di segmen ini yaitu Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda 2, dan Suzuki Baleno Hatchback. Dalam beberapa tahun belakangan, Honda Jazz dan Toyota Yaris dinilai memang memiliki angka penjualan yang cukup baik. Namun bagaimana dengan Suzuki Baleno Hatchback dan Mazda 2?

Memasuki awal tahun 2019, terdapat perubahan yang cukup mengejutkan dengan hadirnya Suzuki Baleno Hatchback yang sukses menyalip angka penjualan dari Toyota Yaris. Berdasarkan data wholesales yang dirilis oleh Gaikindo, tercatat pada bulan Januari hingga Februari lalu, Suzuki Baleno Hatchback berhasil terjual sebanyak 1.258 unit.

Angka tersebut lebih tinggi dari Toyota Yaris yang terjual sebanyak 1.006 unit dan Mazda 2 yang hanya terjual sebanyak 255 unit saja. Sayangnya, angka penjualan Suzuki Baleno Hatchback tersebut masih kalah dibandingkan angka penjualan dari Honda Jazz yang berhasil terjual sebanyak 2.409 unit.

Melihat peningkatan penjualan yang dialami oleh Suzuki Baleno tersebut, nampaknya mobil ini siap menjadi lawan serius bagi Toyota Yaris dan juga Honda Jazz.

Melihat persaingan yang cukup sengit tersebut, kurang lengkap rasanya jika tidak membandingkan keempat mobil tersebut. Berikut ini perbandingan dari keempat mobil di segmen small hatchback tersebut;

1. Honda Jazz

Honda Jazz generasi ketiga ini pertama kali meluncur di Indonesia pada tahun 2014 lalu. Mobil ini mengadopsi mesin berkapasitas 1.5 liter yang menghasilkan tenaga 118 HP dan torsi 145 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan dua pilihan sistem transmisi yaitu manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

Untuk dimensinya sendiri, mobil ini memiliki panjang 3.955 mm, lebar 1.694 mm dan tinggi 1.524 mm. Honda Jazz ini tersedia dalam 4 varian yaitu E M/T, E CVT, RS M/T dan RS CVT. Untuk harga sendiri, Honda membanderol mobil ini mulai dari Rp 239 juta hingga Rp 279 juta,

2. Toyota Yaris

Toyota Yaris ini resmi mengaspal di Indonesia pada Februari 2018 lalu dan hadir dengan 3 varian yaitu, E, G dan TRD Sportivo. Mobil ini mengusung mesin berkapasitas 1.5 liter dan dapat menyemburkan tenaga hingga 106 HP dan torsi 140 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 7 percepatan.

Mobil ini memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dari Honda Jazz yaitu dengan panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm. Toyota membanderol mobil ini dengan harga mulai dari Rp 238 juta hingga Rp 278 juta.

3. Suzuki Baleno Hatchback

Jika sebelumnya Baleno selalu identik dengan model sedan, kini Baleno justru hadir dengan model Hatchback. Baleno Hatchback ini pertama kali diperkenalkan oleh Suzuki pada ajang GIIAS 2017 lalu. Mobil ini hadir dengan kondisi CBU yang dikirim langsung dari India.

Suzuki membekali mobil ini dengan mesin berkapasitas 1.4 liter yang mampu memuntahkan tenaga hingga 91 HP dan torsi 130 Nm. Mesin tersebut akan didukung oleh 2 pilihan sistem transmisi yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Untuk dimensinya, mobil ini memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 1.510 mm. Baleno Hatchback ini dijual dengan harga yang cukup murah yaitu Rp 213 juta untuk versi manual dan Rp 225 juta untuk versi otomatis.

4. Mazda 2

Dari jajaran Mazda terdapat All New Mazda 2 yang hadir dengan mengusung teknologi SkyActive. Mobil ini hadir dengan mengusung mesin SkyActive-G berkapasitas 1.5 liter 4 silinder DOHC dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 108 HP dan torsi 141 Nm. Selanjutnya mesin tersebut akan disalurkan ke dua roda depan melalui 1 pilihan sistem transmisi saja yaitu otomatis 6 percepatan.

Untuk dimensinya, All New Mazda 2 memiliki dimensi panjang 4.060 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.495 mm. Mazda membanderol mobil ini mulai dari Rp 276 juta hingga Rp 313 juta.

Lalu bagaimana perkembangan segmen Small Hatchback ke depannya? Apakah Suzuki Baleno akan dapat menyalip Honda Jazz di puncak penjualan segmen ini? patut kita nantikan.

(kpl/ikb/ahm)

BERI KOMENTAR