HOME » BERITA » SUZUKI BERENCANA JUAL KEI CAR DI INDONESIA

Suzuki Berencana Jual Kei Car di Indonesia

Melihat kondisi jalan yang kurang lebih sama dengan Jepang, Suzuki ingin menjual kei car di Indonesia.

Rabu, 30 Oktober 2019 18:15 Editor : Cornelius Candra
Suzuki Berencana Jual Kei Car di Indonesia
Kei car Suzuki Gear Spacia (Suzuki Jepang)

OTOSIA.COM - Kondisi jalanan yang sempit membuat kei car atau mobil kecil mendominasi pasar otomotif Jepang. Selain itu, lahan parkir terbatas dan dukungan insentif pajak dari pemerintah juga menjadi faktor pendukung.

Jika melihat data total penjualan mobil di Jepang tahun lalu, dari 5.260.000 unit yang terjual, kei car berhasil terjual 1.923.000 unit dan seluruh segmen lain terjual 3.337.000 unit.

Sedangkan penjualan kei car Suzuki sendiri, tahun lalu berhasil menjual sebanyak 594 ribu unit dan berada di posisi kedua setelah Daihatsu, dengan total penjualan 610 ribu unit. Suzuki sendiri mengandalkan berbagai model,seperti Alto, Spacia Gear, Every, Hustler, Carry, dan juga Wagon R.

"Di Jepang mirip dengan Indonesia, jalannya kecil. Jalan raya besar, tapi di sekitar rumah kecil, jadi nyaman menggunakan kei car. Selain itu, di Tokyo memang transportasi bagus, tapi di daerah seperti Hamamatsu harus memiliki mobil untuk bekerja, jadi mobil pertama seperti sedan atau tiga baris, dan mobil kedua kei car," jelas Ei Mochizuki, GM Strategic Planning Departement PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat ditemui Liputan6.com di Hamamatsu, Jepang.

1 dari 1 Halaman

Belum Ada Informasi Detail

Suzuki Berencana Jual Kei Car di IndonesiaBelum Ada Informasi Detail

Sementara itu, dengan suksesnya penjualan kei car di Jepang, apakah Suzuki berniat membawa berbagai modelnya ke pasar Tanah Air?

"Kei car sudah ada Karimun Wagon R, itu seperti kei car ya," tegasnya saat menjawab apakah ada kemungkinan kei car dibawa ke Indonesia.

Memang, belum dijawab dengan detail, apakah pabrikan berlambang huruf S ini akan membawa berbagai model kei car ke Indonesia. Namun, jika dilihat dari desain kei car yang mengotak, memang tidak terlalu digemari oleh konsumen di Indonesia, dan butuh strategi khusus jika berniat menjual mobil bermesin 660cc turbo ini di Tanah Air.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR