HOME » BERITA » SUZUKI CLUB REAKSI CEPAT SIAPKAN TIM BANTU KORBAN BANJIR

Suzuki Club Reaksi Cepat Siapkan Tim Bantu Korban Banjir

Suzuki Club Reaksi Cepat Siapkan membentuk tim untuk mengantisipasi dan membantu korban bencana banjir di kawaan Jabodetabek.

Minggu, 22 November 2020 16:15 Editor : Nazarudin Ray
Tim Suzuki Club Reaksi Cepat (Istimewa)

OTOSIA.COM - Saat ini ini Indonesia telah memasuki musim penghujan. Beberapa wilayah di Tanah Air menjadi langganan banjir jika musim hujan tiba. Jabodetabek adalah area yang rentan terendam air, terutama jika hujan lebat atau itensitas tinggi.

Merespon potensi banjir di Jabodetabek, Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) berkolaborasi dengan PT Suzuki Indomobil Sales dan Indonesian Offroad Federation (IOF) membentuk tim untuk membantu korban bencana banjir.

Program tersebut akan berlangsung sepanjang musim hujan hingga awal 2021. Tim SCRC terdiri dari 14 klub mobil Suzuki dan IOF

"Dalam rangka 1 tahun perjalanan SCRC, kami menyelenggarakan program Peduli Antisipasi Banjir Jabodetabek untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir di wilayah tersebut. Kali ini tantangannya lebih berat karena selain menghadapi potensi banjir kami juga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan masyarakat serta relawan selama penanggulangan bencana banjir berlangsung," kata Octavian Sc (Koko), Ketua Harian SCRC.

Dalam operasionalnya SCRC juga mendapatkan dukungan dari Komunitas 4X4 Perwira AAU 98 atau biasa disebut K4K4P 98. Sebagai mitra pendukung dan pelindung, K4K4P 98 akan membantu dalam mobilisasi SCRC ke area bencana, baik pendistribusian peralatan, relawan, dan bantuan lainnya termasuk kendaraan ke medan yang sulit.

Sementara SIS menyiapkan bantuan 1 unit New Carry Ambulance beserta alat medis dan 1 unit mobil Box New Carry.

Selain itu, disediakan juga perahu karet 260 dengan mesin Suzuki 15PK (Suzuki DT 15 AL), perahu karet 470 Selilingger dengan mesin Suzuki 40PK (Suzuki DT 40 WL), RIB boat, alat selam scuba serta perangkat radio komunikasi sebagai sarana pendukung.

SCRC juga mendapatkan dukungan dari Komunitas 4X4 Perwira AAU 98 atau biasa disebut K4K4P 98. Sebagai mitra pendukung dan pelindung, K4K4P 98 akan membantu dalam mobilisasi SCRC ke area bencana, baik pendistribusian peralatan, relawan, dan bantuan lainnya termasuk kendaraan ke medan yang sulit.

Saraya yang tersedia tersebut diharapkan mampu memaksimalkan kinerja tim dalam meringankan beban masyarakat dan pemerintah. "Jika masyarakat Jabodetabek yang terdampak banjir membutuhkan bantuan, bisa menghubungi layanan Hotline SCRC di nomor 0896-5838-8850," kata Koko.

SCRC sendiri diresmikan pada 28 September 2019 di Jakarta sebagai organisasi klub otomotif yang berfokus pada layanan di bidang sosial dan kemanusiaan yang beranggotakan 14 klub mobil Suzuki resmi dan 300 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai tim rescue bagi masyarakat, SCRC selalu berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas terkait efektifitas pendataan serta rekomendasi prioritas agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.

(kpl/nzr)

BERI KOMENTAR