HOME » BERITA » SUZUKI INDONESIA KEMBALI BICARA MOTOR ADVENTURE

Suzuki Indonesia Kembali Bicara Motor Adventure

Suzuki saat ini tengah menimbang-nimbang terkait masuknya motor adventure baru ke Indonesia. Apakah motor adventure terbaru Suzuki tersebut adalah V-Strom?

Selasa, 19 Maret 2019 21:45 Editor : Ahmad Muzaki
Suzuki V-Strom 250 (ultimatemotorcycling.com)

OTOSIA.COM - Penggemar motor adventure terus tumbuh di Indonesia. Komunitas-komunitas motor jenis ini pun banyak lahir di berbagai daerah. Namun tetap dipandang sebagai jenis motor hobi, sehingga secara volume penjualan tidaklah membengkak seperti halnya skutik atau motorsport biasa.

Meski segmennya terbatas, agen pemegang merek tetap memasukkan sebagai line up jualan. Tercatat di kelas 250 cc, ada Kawasaki lewat Versys 250, Honda dengan CRF250 Rally, dan merek non Jepang, Viar Vortex 250 yang pernah dibesut Gunadi hingga Himalaya.

Barangkali karena alasan pasarnya kecil pabrikan sekilas Yamaha pun belum minat meramaikan ceruk pasar di segmen ini. Hanya Suzuki yang masih pikir-pikir. Kalau volume pasarnya terus membesar, Suzuki terbuka untuk terjun di kategori motor adventure.

Sejauh ini Suzuki masih wait and see. Kendati belum menyatakan secara tegas, namun Suzuki melalui Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales mengaku akan memasukkan line up baru tahun ini.

"Motor adventure? Kalau yang nyleneh-nyleneh orang kadang suka. Hampir semua merek (Jepang) masuk di situ, Kita tidak menutup mata. Kalau memang baik, kenapa tidak? Pada saat meluncurkan GSX dan Nex II, tidak ada yang menyangka kita luncurin itu," kata Yohan Yahya dalam kesempatan lalu.

Artinya, menurut Yohan, Suzuki masih mempelajari permintaan pasar terhadap segmen dual purpose. Hal itu termasuk mempertimbangkan harga jual yang cocok jika motor ini diluncurkan. "Memang Kawasaki lebih dulu, lalu menyusul Honda. Namun kita lihat pasarnya dulu-lah," tukasnya.

Di pasar luar negeri Suzuki sendiri punya jagoan kuat melawan Versys 250 dan CRF250 Rally, yakni V-Strom 250.

Dari segi desain Suzuki V-Strom 250 terlihat gagah yang menyiratkan sebagai motor sport adventure yang siap melibas setiap medan.

Di sektor jantung pacu, V-Strom 250 dipersenjatai mesin tipe SOHC 4 langkah dengan teknologi berpendingin cair dan berkapasitas 248cc. Dengan bekal tersebut motor ini sanggup meletupkan daya 24.6 Dk pada 8.000 rpm dan torsi hingga 23.4 Nm pada putaran ke 6.500 rpm.

Suzuki V-Strom 250 sendiri merupakan versi kecil dari moge dual purpose V-Strom 650 yang sudah diperkenalkan di Indonesia beberapa tahun lalu.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR