HOME » BERITA » SUZUKI NEX II DIANGGAP KURANG LINCAH HADAPI KEMACETAN?

Suzuki Nex II Dianggap Kurang Lincah Hadapi Kemacetan?

Senin, 16 Juli 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Istimewa

OTOSIA.COM - Beberapa hari lalu, Otosia berkesempatan mencoba langsung skutik terbaru dari Suzuki, yaitu Nex II. Pengujiannya cukup unik, di mana kami diminta untuk menyelesaikan sebuah tantangan gymkhana.

Bertempat di area parkir Flavor Bliss Alam Sutera, Tangerang, kami harus menyelesaikan tantangan secepat-cepatnya tanpa menurunkan kaki atau menjatuhkan kerucut lalu lintas. Tujuan dari tantangan ini tentu saja untuk mengetahui seberapa lincah skutik yang diluncurkan saat pameran otomotif di Kemayoran beberapa bulan lalu itu.

Tantangan pertama adalah jalur zig-zag. Kami tak menemukan banyak masalah ketika melewati jalur ini menggunakan NNex II. Karena bodinya yang terbilang kecil dan kemudinya yang terasa ringan, Nex II dapat dengan mudah berkelok-kelok menghindari kerucut lalu lintas. Meski begitu, kami harus sedikit memecut putaran gas agar mendapatkan dorongan tenaga yang pas.

Selanjutnya putaran donat sebanyak dua kali. Di sini kami juga tak mengalami banyak masalah. Di sini kami harus sedikit memainkan sistem pengereman Nex II untuk menjaga keseimbangan saat berputar. Sama seperti tantangan pertama, karena bodinya kecil Nex II terasa lincah berputar.

Terakhir adalah tantangan putaran membentuk angka delapan. Tantangan ini benar-benar menguji kelincahan Nex II. Soalnya, kami harus cepat mengoreksi arah kemudi sambil memainkan gas agar dapat membentuk angka delapan. Namun, hal tersebut bukan masalah bagi Nex II.

Secara keseluruhan, dari hasil pengujian di atas, Suzuki Nex II cukup lincah untuk diajak bermanuver. Ini artinya, skutik bermesin 115 cc tersebut sesuai untuk digunakan di area perkotaan, karena dapat membelah kemacetan tanpa perlu banyak usaha.

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

(kpl/fid/crn)

BERI KOMENTAR