HOME » BERITA » SEBERAPA LAKU SUZUKI XL7?

Seberapa Laku Suzuki XL7?

Sebagai pendatang baru Suzuki XL mulai mengganggu penjualan brand lainnya di segmennya. Salah satunya Mitsubishi Xpander Cross.

Selasa, 24 Maret 2020 13:15 Editor : Nazarudin Ray
Seberapa Laku Suzuki XL7?
Suzuki XL7 penantang berat Xpander Cross (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Sebagai pendatang baru di kelas low sport utility vehicle (LSUV), Suzuki XL mulai mengganggu penjualan brand lainnya di segmen ini. Salah satunya brand yang bersinggungan langsung dengan XL7 adalah Mitsubishi Xpander Cross.

Derasnya penjualan low SUV yang diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah tampak sejak awal Februari 2020 lalu. Sejak peluncuran globalnya itu, XL7 pun langsung mendapat respon yang tinggi dari konsumen dan pecinta mobil ini. Terlebih XL7 menawarkan fitur-fitur terkini dan harga yang kompetitif.

Donny Saputra selaku 4W Marketing Director SIS menyebutkan bahwa selama 11 hari Suzuki XL7 sudah mencatatkan penjualan sebanyak 1200 unit. "Ya, kalau target 2.000 unit, setengah bulan sudah dapat 1.200 unit kita pasti hepi dong," tukasnya.

1 dari 1 Halaman

?Sebagai The New Extraordinary SUV, Suzuki XL7 memiliki tiga keunggulan utama yaitu eksterior yang tangguh, interior yang nyaman serta berbagai fitur yang canggih. Seluruh kelebihan itu membuat XL7 sebagai SUV 7-seater yang tangguh dengan tampilan yang lebih modern dan berkarakter,? terang Dony.

Dony mengaku banyak perubahan yang terjadi pada XL7 meski pakai platform New Ertiga. ?Ada ratusan komponen, tepatnya 211 komponen yang berbeda antara XL7 dengan New Ertiga. Begitupun dengan mesin, mesti mengusung mesin yang sama dengan New Ertiga, yakni K15B berkapasitas 1.462 cc, tapi ada perbedaan setup mesin dan beberapa komponen lain di dalamnya,? ungkapnya.

Meski menggunakan platform yang sama seperti Ertiga, karakteristik dan nuansa yang dibawa oleh XL7 benar-benar berbeda. Perbedaan tampak dari dimensi, eksterior, interior, hingga fitur pendukungnya. Dibandingkan Ertiga, XL7 memiliki dimensi yang lebih luas dengan panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.710 mm. Adapun wheelbase-nya adalah 2.740 mm dengan ground clearance 200 mm, lebih tinggi 20 mm.

Saat ini Suzuki XL7 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 230 juta sampai Rp 267 juta. Dengan harga tersebut, XL7 pun mulai mengganggu penjualan kompetitornya yang lain, seperti Mitsubishi Xpander Cross yang dilabeli mulai dari Rp 270,7 juta hingga Rp 289,7 juta.

Menurut data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota telah melepas Avanza sebanyak 80.728 unit pada sepanjang 2019. Disusul oleh Mitsubishi Xpander yang terdistribusi sebanyak 57.347 unit. Sedangkan Suzuki telah menjual Ertiga sebanyak 22.584 unit.

 

BERI KOMENTAR