HOME » BERITA » SYARAT BARU BIKIN SIM A, HARUS PUNYA SERTIFIKAT DARI SEKOLAH MENGEMUDI

Syarat Baru Bikin SIM A, Harus Punya Sertifikat dari Sekolah Mengemudi

Syarat pembuatan SIM A kini bertambah dengan sertifikat dari sekolah mengemudi.

Selasa, 22 Juni 2021 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Syarat Baru Bikin SIM A, Harus Punya Sertifikat dari Sekolah Mengemudi
Smart SIM (NTMC Polri)

OTOSIA.COM - Polri mengeluarkan aturan baru untuk penerbitan Suarat Izin Mengemudi (SIM). Dalam aturan tersebut juga disebutkan tentang syarat pengurusan SIM A.

Dengan adanya aturan baru ini, terdapat penambahan syarat administrasi, yaitu selain membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi, juga harus membawa sertifikat dari sekolah mengemudi.

1 dari 2 Halaman

Peraturan terkait penerbitan SIM A ini sendiri, terdapat dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan berlaku sejak 19 Februari 2021.

"Ya, sudah berlaku karena memang sudah ada dalam perpol No 5 Tahun 2021, pasal 9 ayat A," jelas Kasi SIM Subditregident Ditlantas Polda Metro jaya, AKP Anrianto, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (21/6/2021).

2 dari 2 Halaman

Lanjutnya, memang saat ini pihak kepolisian masih melakukan sosialisasi terkait peraturan baru tersebut selama 6 bulan. "Kita mengacunya pada hal tersebut (Perpol)," tegasnya.

Sebagai informasi, dalam pasal 9 ayat A Perpol No 5 Tahun 2021 disebutkan, untuk penerbitan SIM Ranmor Perseorangan dan SIM Ranmor umum melampirkan fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi yang asli yang dikeluarkan oleh sekolah mengemudi yang terakreditasi, paling lama enam bulan sejak tanggal diterbitkan.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR