HOME » BERITA » SYARAT KREDIT MOBIL BEKAS DI TENGAH PANDEMI COVID-19, DP NAIK

Syarat Kredit Mobil Bekas di Tengah Pandemi COVID-19, DP Naik

Perusahaan leasing masih ada yang menerima pengajuan kredit mobil, akan tetapi kini persyaratannya diperketat.

Rabu, 29 April 2020 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Syarat Kredit Mobil Bekas di Tengah Pandemi COVID-19, DP Naik
Calon konsumen yang tengah melihat mobil bekas di WTC Mangga Dua (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Beberapa perusahaan leasing memperketat syarat bagi konsumen yang hendak mengajukan kredit kendaraan. Tak hanya berlaku untuk kendaraan baru, tapi juga kendaraan bekas.

Dilansir dari Liputan6.com, salah syaratnya yakni down payment (DP) atau uang muka yang lebih tinggi. "Sekarang memang ada peningkatan untuk uang muka. Tapi masih bisa beli mobil bekas dengan sistem kredit, karena memang leasing masih ada yang terima," ujar pedagang mobil bekas Langgeng Makmur, Halim kepada Liputan6.com.

Bila biasanya konsumen bisa memilih DP mulai dari Rp5 hingga Rp10 juta, saat ini Halim menegaskan, tak ada lagi leasing yang mau mengambil resiko.

1 dari 1 Halaman

"Kalau saat ini minimal DP itu Rp15 juta ke atas. Tergantung leasingnya. Ada juga yang minta 50 persen atau 30 persen. Jadi memang kebijakan setiap leasing beda-beda," ujarnya.

Saat disinggung perubahan lain yang mungkin terjadi apabila konsumen ingin melakukan pembelian mobil bekas. Halim mengaku tak ada perubahan syarat.

"Enggak ada, sama saja seperti beli mobil sebelum adanya pandemi. Cuma memang lebih ke DP aja kalau konsumen mau beli secara kredit. Kalau belinya cash, enggak ada yang berubah," tuturnya.

BERI KOMENTAR