HOME » BERITA » SYARAT SEWA MOBIL UNTUK MUDIK LEBARAN 2019, CATAT!

Syarat Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran 2019, Catat!

Menjelang Idul Fitri 2019, kalau ingin menyewa mobil untuk mudik lebaran 2019, perhatikan syarat dan sistem sewanya ya Otolovers.

Jum'at, 10 Mei 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Shutterstock)

OTOSIA.COM - Jika berniat menyewa mobil sebagai moda transportasi mudik lebaran 2019, ada baiknya untuk mulai cari-cari tempat sewa ya. Sebab, musim begini seperti saat Idul Fitri biasanya tempat persewaan mobil akan ramai diserbu konsumen.

Perhatikan juga apa saja yang harus disiapkan untuk menyewa, selain uang. Syarat menyewa mobil saat ini pun cukup ketat. Perhatikan juga sistem sewanya, lepas kunci atau tidak.

Seperti dijelaskan salah satu pemilik rental mobil PT Cililitan Utama Jaya, Andi Sulardi Effendi, syarat yang ketat ini diberlakukan untuk mencegah tindakan kriminal, seperti penggelapan atau mobil dibawa kabur.

"Persyaratan sewa mobil, terbagi menjadi dua yaitu lepas kunci dan pakai sopir. Untuk sopir sendiri, foto copy KTP suami dan istri, orang tua, kartu tanda anggota (KTA), tanda pegawai, atau SIM (Sesuai alamat tempat tinggal). Kemudian fotokopi kartu keluarga," jelas Andi saat ditemui di Jalan Dewi Sartika, Nomor 15A RT 001 RW 013, Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (8/5/2019) yang dikutip dari Liputan6.com.

Lanjut Andi, persyaratan lepas kunci juga harus menggunakan fotokopi pajak bumi bangunan (PBB), rekening listrik, dan rekening telepon. Kemudian juga, harus memiliki rumah sendiri atau pemilik rumah yang menjamin. Jika belum memiliki keluarga (masih dengna orang tua) haus mengetahui orang tua atau ada jaminannya.

"Nanti, setelah itu baru disurvei, bisa atau tidak menyewa mobil," tegasnya.

Sementara itu, untuk pakai sopir, syaratnya fotokopi KTP atau identitas lain, nomor telepon yang bisa dihubungi (rumah atau kantor dari Telkom), dan jika tidak ada juga harus dilakukan survei. Jika penyewa memberikan jaminankendaraan untuk menyewa mobil, seperti motor, STNK harus menggunakan nama pribadi.

"Untuk syarat lain, segala kerusakan kendaraan ditanggung penyewa, pemakaian non paket (kurang dari lima hari) harga ditentukan kurang lebih satu hari sebelum sewa, dan lainnya," tandasnya.

Selain itu, pembayaran sewa harus gull atua bisa DP terlebih dahulu. Pelunasan bisa dilakukan saat mengambil mobil dari tempat penyewaan.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR