HOME » BERITA » TAHUN 2018 SEMUA KENDARAAN DI INDONESIA SUDAH HARUS EURO 4

Tahun 2018 Semua Kendaraan di Indonesia Sudah Harus Euro 4

Selasa, 08 Maret 2016 11:30

Tahun 2018 Semua Kendaraan di Indonesia Sudah Harus Euro 4
Ilustrasi Polusi Udara (foto: Areamagz)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Di tahun 2018, Pemerintah berencana meningkatkan standar emisi kendaraan bermotor menjadi Euro4. Hal ini diungkapkan Direktur Pengendalian Polusi Udara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dasrul Chaniago, sebagai upaya memperkuat industri otomotif Indonesia secara global.

"Kami menargetkan sudah Euro4 di tahun 2018. Standar emisi ini perlu agar ke depannya kita bisa terus ekspor. Negara-negara tetangga sudah menerapkan Euro4, sedangkan kita masih Euro2. Kalau masih diperthankan, nanti kita tidak bisa ekspor," ucapnya.

Untuk mencapai hal tersebut, Dasrul mengatakan perlu adanya koordinasi dari berbagai pihak yang terlibat. Salah satunya adalah perusahaan penyedia bahan bakar yang juga harus ikut menyesuaikan standar.

"Memang bisa pakai bbm dengan oktan 95. Tapi sebenarnya itu juga masih kurang. Dan kita sedang koordinasi dengan Pertamina soal bahan bakar dengan oktan 95 ke atas," terangnya.

Disamping memperkuat bisnis industri otomotif, peningatakan standar emisi juga bertujuan untuk mengurangi polusi udara di Indonesia. Menurut data, sebanyak 70 sampai 85 persen polusi udara berasal dari kendaraan bermotor. Angka ini berdampak pada tingginya penyakit yang disebabkan oleh polusi.

"Di DKI Jakarta saja kerugian penyakit akibat polusi udara bisa mencapai Rp 36,5 miliar per tahun," tuturnya.

(kpl/fid/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-22
detail

BERITA POPULER