HOME » BERITA » TAHUN DEPAN SUZUKI SWIFT AKAN BERMESIN HYBRID

Tahun Depan Suzuki Swift Akan Bermesin Hybrid

Suzuki mengumumkan mesin baru Suzuki Swift, berteknologi hybrid dengan baterai 48V.

Senin, 16 Desember 2019 15:45 Editor : Cornelius Candra
Tahun Depan Suzuki Swift Akan Bermesin Hybrid
Suzuki Swift (Suzuki Global)

OTOSIA.COM - Meski telah disuntik mati sejak 2017 lalu oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia, pengembangan Suzuki Swift untuk pasar otomotif global masih terus berjalan.

Mengutip dari Carscoops.com, belum lama ini pabrikan asal Jepang itu mengumumkan akan menyematkan mesin baru pada Suzuki Swift. Menariknya, dapur pacu tersebut memiliki sistem hybrid baterai 48V self-charging.

Suzuki mengklaim bahwa mesin hybrid ini mampu mengurangi emisi gas buang CO2 sekitar 20%. Kelebihan lainnya ialah peningkatan torsi serta efisiensi konsumsi bahan bakarnya naik hingga 15%.

Nantinya, mesin hybrid 48V itu menggantikan tugas dapur pacu Boosterjet 1.400 cc. Performanya juga diklaim lebih tinggi, namun Suzuki masih belum menginformasikan spesifikasi lengkapnya.

1 dari 1 Halaman

Distribusi Bobot

Tahun Depan Suzuki Swift Akan Bermesin HybridDistribusi Bobot

Selain ramah lingkungan, jantung penggerak baru tersebut juga lebih ringan. Di dalamnya terdapat baterai Li-ion 48V yang dikawinkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan 48V-12V converter.

Berbagai komponen listrik itu nantinya terletak di bawah jok depan untuk menyempurnakan distribusi bobot. Sistem hybrid mesin ini akan aktif saat mobil melaju dengan kecepatan di bawah 16 km/jam.

Cara kerjanya, ISG akan menyokong mesin bensin di putaran bawah. Dengan demikian, torsinya bisa meningkat menjadi 235 Nm sehingga akselerasi Suzuki Swift menjadi lebih cepat, namun konsumsi bahan bakarnya tetap hemat.

Rencananya, Suzuki tak hanya akan menyematkan mesin hybrid 48V ini pada Suzuki Swift saja, tapi juga Suzuki Vitara dan Suzuki SX4 S-Cross. Debutnya dijadwalkan berlangsung pada Maret 2020 mendatang.

BERI KOMENTAR