HOME » BERITA » TAK ADA NAMA ALL NEW SUZUKI ERTIGA DI DAFTAR MOBIL TERLARIS, ANIMO TURUN?

Tak Ada Nama All New Suzuki Ertiga di Daftar Mobil Terlaris, Animo Turun?

Nama All New Suzuki Ertiga tak terlihat dalam daftar mobil terlaris di Indonesia. Rupanya hal itu lantaran suplay All New Suzuki Ertiga yang tak mencukupi permintaan.

Sabtu, 23 Maret 2019 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
All New Suzuki Ertiga (Suzuki)

OTOSIA.COM - Daftar mobil terlaris di Indonesia terisi dengan nama-nama lama yang kerap bercokol di sana. Namun dalam catatan 10 besar, nama Suzuki Ertiga tidak terpampang.

Di sisi lain, persaingan pasar small MPV di Indonesia sedang keras-kerasnya. Lalu ke mana perginya animo terhadap mobil 7-penumpang ini?

4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, menyebutkan bahwa ada alasan mengapa mobil tersebut tidak muncul di daftar yang dianggap sebagai acuan tersebut. Alasan tersebut adalah stok yang justru terjadi ketika New Ertiga diluncurkan.

"Suplai pada saat kami launching di bulan April (2018) itu tidak cukup sehingga mengalami kekurangan barang," ujarnya.

Kalau misalnya terjadi penjualan sebanyak 3.000 unit dalam sebulan, kata dia, maka perolehan Suzuki dalam setahun 34.000 unit. Hal ini bisa jadi pembanding sebab level buncit dalam daftar mobil terlaris justru berbeda tipis di angkat tersebut.

Market share Suzuki di tahun 2018 disebutkan sebesar 12,2 persen. Sementara itu, market share untuk saat ini sudah 13,9 persen.

"Itu retail. Jadi kalau kita ngomong market share sudah pasti kita ngomongnya retail. Kenapa retail? Sebab, itu adalah angka yang terjual ke konsumen. Yang namanya laku berarti yang dibeli oleh konsumen. Bukan memindahkan stok ke pabrikan atau ATPM (wholesales)," kata dia.

Oleh karenanya sejatinya Ertiga tidak luput dari animo masyarakat. Sebab, market share itu tumbuh dibanding tahun lalu, dan itu pun baru perhitungan dari awal tahun.

"Kalau di data kami, meski ada masalah (suplai) saja (market share kami sudah) 12,2 persen, Sementara itu, sekarang baru dua bulan saja sudah 13,9 persen. Jadi kami memandang Ertiga masih diminati di Indonesia, dan masih memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia," ujarnya.

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR