HOME » BERITA » TAK DISANGKA, MOTOR CAFE RACER INI BERTENAGA LISTRIK

Tak Disangka, Motor Cafe Racer Ini Bertenaga Listrik

Sebuah perusahaan startup asal Australia baru saja merilis motor cafe racer bertenaga listrik. Bagaimana wujudnya?

Senin, 26 November 2018 17:45 Editor : Cornelius Candra
Savic Alpha (Newatlas.com)

OTOSIA.COM - Motor cafe racer selalu identik dengan naked-sportbike yang dilengkapi lampu bulat, setang clip-on under-yoke, dan bagian belakang layaknya buntut tawon. Selain itu, mesinnya pun dibuat bertenaga dan memiliki knalpot bersuara gahar.

Namun, ada yang berbeda dengan motor cafe racer asal Australia bernama Savic Alpha ini. Mengutip dari Rideapart.com, motor itu tak menggunakan mesin konvensional, tapi mengandalkan generator listrik. Dengan kata lain, Savic Alpha adalah cafe racer listrik.

Suaranya memang tak segahar mesin konvensional, tampilan Savic Alpha sama sekali tak kehilangan ciri khas cafe racer. Ya, motor ini masih kental dengan nuansa retro. Tengok saja joknya yang berwarna coklat, tangki membulat, dan tak ketinggalan buntut tawon di buritan motor.

Meski demikian, perusahaan startup asal Australia itu masih menyematkan beberapa teknologi modern, yaitu dashboard full-digital berbentuk persegi panjang. Selain itu, handle-bar Savic Alpha juga telah dilengkapi dengan LED.

Sayangnya, di bawah tangki terlihat sebuah kotak hitam besar yang merupakan baterai 11 kWh serta motor listrik dari Savic Alpha. Dapur pacu ini diklaim mampu menghasilkan tenaga setara motor konvensional berkubikasi 650 cc, sebesar 80 hp dengan torsi maksimum mencapai 150 Nm dan mampu menempuh jarak sejauh 250 km dalam kondisi baterai penuh.

Saat ini, Savic Alpha masih merupakan sebuah prototype dan rencananya akan mulai diproduksi sebanyak 50 sampai 100 unit untuk dipasarkan di Australia pada tahun 2020 mendatang. Mengenai harga, Savic Alpha nantinya akan dibanderol USD14.500 atau Rp209 jutaan dan varian terendahnya hanya USD8.700, sekitar Rp125 jutaan (Kurs USD1 = Rp14.457).

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR