HOME » BERITA » TAK HANYA EKONOMIS, UD TRUCKS JUGA KAYA FITUR KESELAMATAN

Tak Hanya Ekonomis, UD Trucks Juga Kaya Fitur Keselamatan

Kendaraan niaga tak melulu soal perhitungan ekonomis, tapi tetap harus memerhatikan faktor keselamatan.

Jum'at, 06 Maret 2020 14:45 Editor : Cornelius Candra
Tak Hanya Ekonomis, UD Trucks Juga Kaya Fitur Keselamatan
UD Trucks Kuzer (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Truk jelas bukanlah kendaraan yang kecil. Banyak titik buta yang sulit dilihat oleh sopir dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Hal ini rupanya juga mendapat perhatian pabrikan asal Jepang, UD Trucks.

Mengutip pernyataan Eddy Subagio, Product Engineering Department Head UD Trucks Indonesia, line-up UD Trucks saat ini telah dilengkapi dengan full-air brake system atau rem udara dan ABS.

1 dari 3 Halaman

Selain itu, UD Trucks juga menyematkan sistem spion baru yang bisa memperkecil titik buta. Terpasang juga perangkat semacam black-box yang merekam data kendaraan.

"Semua truk kami punya sistem semacam black-box pesawat. Fungsinya merekam semua aktivitas sopir, mulai kecepatan, rute, konsumsi bahan bakar, sampai kondisi kendaran," ujar Eddy.

2 dari 3 Halaman

"Jadi ketika terjadi kecelakaan yang melibatkan produk UD Trucks, bisa ditelusuri apa penyebabnya. Apakah salah sopir, kendaraan, atau pengguna jalan lainnya," tambahnya pada sela-sela sesi test drive UD Trucks Kuzer di GIICOMVEC 2020.

Tak hanya itu, UD Trucks juga telah melengkapi produknya dengan perisai kolong atau teralis di samping truk. Sayangnya, belum ada teknologi yang bisa menghindarkan dari kecelakaan.

3 dari 3 Halaman

"Di Jepang truk kami, Quon, itu sudah punya teknologi yang bisa mengintervensi pengereman. Jadi saat ada objek di depan bisa otomatis mengerem," terang Eddy.

Hanya saja, teknologi canggih ini tak dimasukkan ke Indonesia. Eddy menyebut bahwa produk UD Trucks akan terlalu mahal sehingga dinilai konsumen kurang ekonomis.

BERI KOMENTAR