HOME » BERITA » TAK HANYA LUMASI MESIN, OLI JUGA PUNYA FUNGSI TAK TERDUGA LAINNYA

Tak Hanya Lumasi Mesin, Oli juga Punya Fungsi Tak Terduga Lainnya

Oli alias pelumas mesin kendaraan bermotor tak hanya bisa lumasi mesin, tapi juga mengembalikan kekinclongan mika speedometer.

Selasa, 28 Januari 2020 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tak Hanya Lumasi Mesin, Oli juga Punya Fungsi Tak Terduga Lainnya
Ilustraso speedometer (zastavki)

OTOSIA.COM - Mika speedometer sepeda motor menjadi salah satu bagian yang mudah kusam. Pasalnya, bagian itu terpapar langsung sinar matahari. Apalagi jika parkir sepeda motor seringkali tak ditempat yang teduh.

Akibatnya, mika speedometer bisa kusam dan mengganggu pandangan pengendara saat hendak melihat informasi pada panel meter.

Meski pemilik kendaraan bisa dengan mudah mengganti dengan yang baru, ada trik 'kuno' yang bisa dicoba pemilik kendaraan tanpa harus mengeluarkan uang ekstra.

1 dari 2 Halaman

Seperti dilansir Federal Oil, Senin (27/1/2020), pemilik kendaraan bisa 'melumasi' permukaan mika panel meter dengan oli. Tak perlu banyak syarat, pemilik bisa menggunakan oli apa saja.

Hanya saja, oli yang digunakan bukan pelumas bekas pakai. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah meneteskan oli pada permukaan speedometer secukupnya.

Setelah itu balurkan secara merata ke seluruh permukaan mika Jika kondisi retak-retak sangat parah, maka oleskan oli secara merata. Diamkan selama 3-5 menit agar oli meresap ke permukaan yang retak, setelah itu lap hingga kering.

2 dari 2 Halaman

Saat sudah selesai, terlihat mika speedometer lebih bening dari sebelumnya. Meski demkian, cara ini hanya bertahan sementara, setelah motor terkena sinar matahari beberapa kali maka retak-retak pada mika akan terlihat kembali.

Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, pemilik kendaraan bisa mengulangi langkah tersebut atau melakukannya dengan rutin. Meski tak akan kembali seperti baru, kaca mika dapat lebih bening.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR