HOME » BERITA » TAK HANYA MAIN HANDPHONE, INI TINDAKAN SEPELE YANG BISA BIKIN CELAKA

Tak Hanya Main Handphone, Ini Tindakan Sepele yang Bisa Bikin Celaka

Beberapa aktivitas yang dianggap sepele dan dilakukan saat menyetir mobil ternyata cukup membahayakan.

Sabtu, 04 Januari 2020 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Tak Hanya Main Handphone, Ini Tindakan Sepele yang Bisa Bikin Celaka
Minum sambil menyetir berbahaya (express.co.uk)

OTOSIA.COM - Mengoperasikan handphone sembari menyetir mobil memang terkesan remeh. Seolah perhatian mengemudi tak akan terganggu oleh handphone itu.

Sayangnya, anggapan itu tak bisa dibenarkan. Menurut XE Baogiaothong, Ford Vietnam mengungkap bahwa hampir 100 persen fokus pengemudi mobil terpecah akibat handphone.

Biasanya, ada tiga bentuk gangguan yang bisa memecah konsentrasi pengemudi. Berupa pengalihan perhatian seperti berbicara dengan penumpnag atau terlalu terlena karena musik, pengalihan pengelihatan seperti ketika melihat kecelakaan, dan gangguan gerakan tangan seperti saat menyetir hanya dengan satu tagnan karena harus meraih benda lain.

1 dari 1 Halaman

Tak Hanya Main Handphone, Ini Tindakan Sepele yang Bisa Bikin Celaka

Melakukan texting (SMS dan sejenisnya), disebut merupakan kombinasi dari tiga bentuk gangguan tersebut. Gangguan-gangguan seperti itu tentu meningkatkan potensi kecelakaan.

Menerut Ford, meskipun tak sedang menggunakan handphone, berkendara tetap bisa terdistraksi. Ada hal lain yang membuat konsentrasi pecah selain handphone dan pengendara tak menyadari hal tersebut. Yakni makan atau minum dan berkendara saat mood sedang jelek.

Sebuah penelitian dan analisis di Amerika Serikat, lebih dari 62 persen kecelakaan mobil disebabkan karena distraksi pengemudi lainnya. Sementara itu, potensi kecelakaan meningkat menjadi 80 persen akibat makan atau minum ketika menyetir. Sedangkan distraksi akibat mood dan menyebabkan kecelakaan naik menjadi 10 kali lipatnya.

BERI KOMENTAR