HOME » BERITA » TAK HANYA MESIN, SARINGAN UDARA JUGA PENGARUHI PERFORMA MOTOR

Tak Hanya Mesin, Saringan Udara Juga Pengaruhi Performa Motor

Rabu, 16 Mei 2018 13:45

Tak Hanya Mesin, Saringan Udara Juga Pengaruhi Performa Motor
FOto: Saringan Udara Kawasaki Z1000/ z1000uk.proboards.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu faktor yang dipertimbangkan orang saat hendak membeli sepeda motor ialah performa. Ada yang mencari kecepatan, namun tak sedikit pula yang berfokus pada akselerasi awal.

Bahkan, ada yang rela mengeluarkan biaya lebih untuk memboyong motor gede sport hanya untuk merasakan sensasi melaju kencang. Tentu karena kapasitas mesinnya yang besar dan menghasilkan tenaga dan torsi melimpah.

Namun, performa tersebut tak hanya ditentukan oleh dapur pacu. Ada beberapa part lain yang juga berpengaruh pada performa sepeda motor, salah satunya ialah saringan udara.

Jika komponen tersebut kotor dan tak terawat, maka performa motor pun akan menurun. Penyebabnya pun tentu beragam dan dampaknya tetap sama, motor tak akan memberikan laju terbaiknya.

Dilansir dari akun instagram @kawasaki_jabar, penurunan performa terjadi karena udara yang seharusnya masuk ke dalam ruang pembakaran terhalang oleh endapan kotoran di saringan udara. Alhasil, kinerjanya menjadi tak optimal dan mengurangi usia pakai komponen tersebut.

Yang lebih berbahaya, kotoran bisa masuk ke dalam ruang pembakaran dan mampu merusak bagian dalam mesin. Akibatnya fatal, motor bisa mogok sewaktu-waktu dan mesinnya perlu dibongkar.

Karena itu, diperlukan perawatan seperti melakukan servis rutin ke bengkel resmi setiap dua bulan sekali atau 2.000 km. Apalagi, bagi Otolovers yang berencana untuk mudik menggunakan sepeda motor menjelang Lebaran 2018 nanti.

Nggak mau kan perjalanan terganggu hanya karena filter udara kotor?

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-16
detail

BERITA POPULER