HOME » BERITA » TAK HANYA SUPERCAR, TOYOTA LAND CRUISER JUGA JADI KORBAN PLAGIASI CINA

Tak Hanya Supercar, Toyota Land Cruiser Juga jadi Korban Plagiasi Cina

Seolah sudah menjadi hal yang wajar ketika ada mobil yang dikloning oleh Cina. Beberapa mobil Eropa kerap menjadi korban, kini giliran Toyota Land Cruiser.

Jum'at, 18 Oktober 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tak Hanya Supercar, Toyota Land Cruiser Juga jadi Korban Plagiasi Cina
Perbandingan Land Cruiser dengan Yueli (Zing)

OTOSIA.COM - Pabrikan otomotif Cina kerap mengkloning mobil-mobil mewah ataupun supercar. Kini, Toyota Land Cruiser pun punya versi kloningan dari negeri Tirai Bambu.

Melansir Zing, mobil Hengtian L4600 dari Hengtian Automobile punya desain yang identik dengan Toyota Land Cruiser. Mobil ini akan segera tersedia di pasar domestik Cina.

Foto pertama SUV Hengtian L4600 pertama muncul pada 2016. Lalu kini nama mobil ini berganti menjadi Hengtian Yueli. Rencananya SUV ini akan mulai dipasarkan pada beberapa bulan mendatang.

1 dari 2 Halaman

Suspensi Sama

Tak Hanya Supercar, Toyota Land Cruiser Juga jadi Korban Plagiasi CinaSuspensi Sama

Selain desainnya yang mirip dengan Land Cruiser, beberapa komponen juga tak jauh berbeda. Contohnya, suspensi independent arm dengan double arm dan suspensi belakang dengan 4-point torsion springs.

Tapi, dimensi Hengtian Yueli tak disampaikan, hanya saja sepertinya juga tak jauh berbeda dengan Land Cruiser. Kesamaan desain terlihat hampir disemua bagian, kecuali gril dan lampu depan.

Mesinnya V8, tapi bukan milik Toyota. Hengtian Yueli memakai mesin bensin berkapasitas 4.6L buatan Futai Power bertenaga 286 hp. Tenaga itu jauh lebih rendah ketimbang tenaga rata-rata mesin V8. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis.

Ada juga pilihan mesin 3.0L dan 4.0L yang dipadukan dengan transmisi manual, serta mesin 2.4L yang diproduksi oleh Mitsubishi. Soal harga, diprediksi akan di bawah Toyota Land Cruiser.

2 dari 2 Halaman

Didirikan Tahun 2011

Tak Hanya Supercar, Toyota Land Cruiser Juga jadi Korban Plagiasi CinaDidirikan Tahun 2011

Pada tahun 2008-2016, Toyota Land Cruiser diproduksi di Cina melalui kerjasama antara FAW dan Toyota. Mobil ini kemudian dikirim ke Jepang selama permintaan yang rendah di Cina.

Sementara itu, Hengtian Automobile didirikan pada 2011 dengan kapasitas produksi 100.000 per tahun. Selama ini, pabrikan tersebut hanya memroduksi mobil pickup. Itu artinya, Hengtian Yueli akan menjadi SUV pertama Hengtian Automobile.

BERI KOMENTAR