HOME » BERITA » TAK KALAH MEMUKAU, INI DAFTAR MOBIL BUATAN INDONESIA

Tak Kalah Memukau, Ini Daftar Mobil Buatan Indonesia

Beberapa mobil buatan Indonesia muncul. Tapi beberapa kali juga hilang begitu saja dan tak diproduksi secara masal.

Rabu, 09 Mei 2018 16:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by merdeka.com

OTOSIA.COM - Beberapa mobil buatan Indonesia muncul. Tapi beberapa kali juga hilang begitu saja dan tak diproduksi secara masal.

Entah karena faktor apa, mobil-mobil buatan anak bangsa itu terkesan tak diteruskan. Padahal, wujudnya juga tak jelek-jelek amat.

Jika diproduksi secara masal pun mungkin bisa bersaing di pasar otomotif dengan mobil-mobil luar negeri. Dilansir merdeka.com, berikut 4 mobil buatan Indonesia yang sempat memukau.

1. Mahesa

Foto by merdeka.com

Mobil pedesaan yang digagas oleh Sukiyat ini memiliki 3 varian. Yakni double cabin warna kuning seharga RP 70 juta, pick up warna merah seharga Rp 60 juta, dan kendaraan alat pertanian warna putih seharga Rp 50 juta.

Mahesa memiliki keunikan tersendiri, mobil ini bisa dihubungkan dengan alat pertanian lain karena di bagian belakang mempunyai power take off (PTO) yang dapat disambungkan ke peralatan mesin untuk membantu petani.

Pria asal Klaten, Jawa Tengah ini memberi nama Mahesa yang memiliki arti kerbau dalam bahasa Jawa kuno. Kerbau dan pertanian memiliki hubungan erat, untuk membajak sawah.

2. SV-1

Foto by merdeka.com

Sekilas mungkin tak terlihat jika mobil ini buatan Indonesia. Desain sporty dan futuristiknya terlihat menawan.

Mobil ini merupakan hasil kerjasama coachbuilder Signal Kustom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Mobil ini juga hadir dengan motor listrik ramah lingkungan.

SV-1 memiliki kecepatan maksimal yang diklaim hingga 150 km/jam. Mobil ini juga berhasil memenangkan salah satu kontes modifikiasi terbesar di Indonesia.

3. Pindad Piev

Foto by merdeka.com

Mengusung konsep mobil listrik ramah lingkungan dan terkesan sporty ini berasal dari Pindad. Hatchback dua pintu ini memiliki tenaga maksimal mencapai 25KW dengan torsi 40 Nm.

Mobil ini diklaim memiliki kecepatan hingga 80 k/jam dengan jarak tempuh maksimal 80 km untuk sekali isi daya baterai. Hingga kini mobil ini masih dalam tahap pengembangan.

4.Mobil Listrik Ezzy II

Foto by merdeka.com

Siapa yang sangka mobil ini buatan mahasiswa? Iya, mobil yang sempat dicoba Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol Warugunung pada Desember 2017 lalu ini buatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Mobi ini ditenagai baterai berkapasitas 20 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 130 km. Ezzy II memiliki kecepatan maksimum 180 km/jam dengan pendistribusian berat yang jauh lebih stabil.

Sumber: merdeka.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR