HOME » BERITA » TAK KALAH SPORTY, SUZUKI SWIFT RS AKAN HUNI SEGMEN ENTRY LEVEL

Tak Kalah Sporty, Suzuki Swift RS Akan Huni Segmen Entry Level

Segmen mobil entry level di India sepertinya sedang digandrungi. Beberapa pabrikan sedang berlomba untuk bermain di segmen tersebut, seperti Tata Tiago dan Tigor. Tak ketinggalan, Suzuki juga akan mengambil tempat di segmen entry level dengan membawa Swift RS.

Selasa, 30 Oktober 2018 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Suzuki Swift RS (Rushlane)

OTOSIA.COM - Segmen mobil entry level di India sepertinya sedang digandrungi. Beberapa pabrikan sedang berlomba untuk bermain di segmen tersebut, seperti Tata Tiago dan Tigor.

Tak ketinggalan, Suzuki juga akan mengambil tempat di segmen entry level dengan membawa Swift RS. Seperti diberitakan Rushlane, sebelumnya justru Suzuki Swift Sport yang digadang-gadang akan meluncur di negara berikon Taj Mahal itu.

Nyatanya, Swift Sport tak akan ditawarkan untuk India. Sebab, riset pasar yang dilakukan menunjukkan bahwa tak ada konsumen yang berminat dengan mobil hatchback yang satu itu.

Jika terpaksa diluncurkan, dengan spesifikasi dan fitur yang sama dengan internasional, Swift Sport akan dilego seharga INR 1.500.000 hingga 2.000.000 atau Rp 310 jutaan hingga Rp 413,5 jutaan (Kurs INR 1 = Rp 206). Harga itu mungkin tak sesuai.

Tapi, Swift RS pun memiliki tampilan yang tak kalah sporty dari versi Sport. Swift RS akan memiliki tampang yang mirip dengan Baleno RS. Dengan gaya sporty dari bumper depan baru, side skirt, dan spoiler yang dipasang di atap.

Interior Suzuki Swift RS versi India (Rushlane)

Sementara grafis tubuh akan lebih meningkatkan kesan sporty Swift RS. Mobil ini juga akan menggunakan velg 16-inci dengan rem cakram di masing-masing roda, serta suspensi yang lebih kaku.

Sisi interior juga akan diberi tampilan sporty dengan kursi sporty dan brand RS. Kabin akan menggunakan warna hitam dengan trim Burning Red di konsol pusat, cluster instrumen, pintu depan, dan setir.

Swift RS akan dibekali mesin boosterjet Turbocharged 1.0L yang sama dengan Baleno RS. Mesin bensin turbocharged 998cc, Boosterjet 3-silinder ini memuntahkan tenaga 101 bhp dan torsi 150 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan girboks manual 5-percepatan yang mengirimkan daya ke roda depan. Mesin ini akan memiliki kecepatan tertinggi 160 km/jam dan mampu berakselerasi hingga 100 km/jam dalam 11-12 detik.

Swift RS diposisikan di bawah Baleno RS, maka harganya tentu akan lebih rendah. Mungkin Swift RS akan berbanderol harga INR 780.000 (RP 161,3 jutaan). Mobil ini diperkirakan akan meluncur pada pertengahan 2019.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR