HOME » BERITA » TAK LAMA LAGI PERPANJANGAN SIM BISA DILAKUKAN DI RUMAH SAJA

Tak Lama Lagi Perpanjangan SIM Bisa Dilakukan di Rumah Saja

Polri sedang menyiapkan program SIM Online yang memungkinkan pemohon melakukan perpanjangan masa berlaku SIM secara daring melalui aplikasi.

Kamis, 01 April 2021 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tak Lama Lagi Perpanjangan SIM Bisa Dilakukan di Rumah Saja

OTOSIA.COM - Selain penerapan tilang elektronik atau Electronic Trafic Law Enforcement (ETLE), Polri kini juga tengah bersiap untuk merilis program SIM Online. Program ini memungkinkan pemohon SIM untuk melakukan perpanjangan masa berlaku SIM secara online.

"Sesuai dengan rencana, kita akan launching pada April 2021. Saat ini sedang tahap finalisasi dan kita akant erus bekerja keras untuk cepat serta tepat," Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono, disitat dari laman Korlantas Polri.

Lebih lanjut, Istiono mengatakan, dengan demikian pemohon perpanjangan SIM tak perlu datang ke Satpas. Pemohon hanya cukup mengakses layanan perpanjangan melalui aplikasi yang perlu dipasang ke handphone dan di rumah saja.

1 dari 3 Halaman

Kemudian, SIM yang sudah selesai diperpanjang masa waktunya akan dikirim ke alamat rumah pemohon. Begitu pula untuk program ujian tulis akan dilakukan secara daring.

Istiono berharap, program SIM Online ini bisa diselesaikan sebelum Lebaran. "Mudah-mudahan di program 100 hari ke depan bisa tercapai 100 persen, dan masyarakat bisa menikmati pelayanan Polri yang lebih baik ke depan," jelasnya.

2 dari 3 Halaman

Masa Berlaku SIM

Sementara itu, jika sebelumnya masa berlaku SIM berdasarkan tanggal lahir si pemohon, kini aturan tersebut juga berubah. Masa berlaku SIM saat ini berdasarkan tanggal penerbitannya.

"Untuk masa berlaku SIM saat ini bukan lagi berdasar tanggal lahir, akan tetapi berdasarkan tanggal pencetakan SIM," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (8/7/2020) yang dilansir dari Merdeka.com.

 

3 dari 3 Halaman

Kebijakan tersebut sudah mulai berlaku sejak 7 Oktober 2019 lalu. "Ketentuan ini berdasarkan ketentuan yang tertera di Perkap 9 tahun 2012 yang menyebutkan bahwa masa berlaku SIM adalah 5 tahun (terhitung sejak SIM tersebut dicetak)," ujarnya.

Selain itu, ketentuan baru ini juga sudah tertuang dalam Surat Telegram Korlantas Polri. "Hal ini juga turut dipertegas pada surat telegram Korlantas nomor ST/2664/X/Yan.1.1./2019," tutupnya.

BERI KOMENTAR