HOME » BERITA » TAK MAU KALAH, BAJAJ JUGA IKUT KOMPETISI BALAP DI JALUR OFF-ROAD

Tak Mau Kalah, Bajaj Juga Ikut Kompetisi Balap di Jalur Off-Road

Balapan mobil atau sepeda motor sudah biasa. Di Sri Lanka, balapan bajaj alias tuk-tuk juga digelar.

Sabtu, 03 Oktober 2020 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tak Mau Kalah, Bajaj Juga Ikut Kompetisi Balap di Jalur Off-Road
Balap tuk-tuk (Facebook/Red Bull)

OTOSIA.COM - Olahraga otomotif seperti balap, baik di sirkuit beraspal maupun di trek off-road biasa diikuti oleh mobil dan sepeda motor. Tapi kali ini bajaj alias tuk-tuk tak mau kalah mengikuti kompetisi balap di jalur off-road.

Kompetisi Red Bull Tuk itu adalah acara reli tuk-tuk tahunan di Sri Lanka. Musim 2020 digelar pada 22-23 Februari 2020 lalu. Ada banyak sekali pembalap tuk-tuk yang terlibat seperti terlihat dalam video yang dirilis Red Bull.

Dilansir dari Rideapart, rute balap tuk-tuk itu membentang dari Kaluaggala ke Dambulla, sepanjang 138,5 kilometer. Butuh 2 hari untuk menyelesaikan reli panjang ini.

1 dari 2 Halaman

Tak Mau Kalah, Bajaj Juga Ikut Kompetisi Balap di Jalur Off-Road

Tim balap tuk-tuk bisa terdiri dari 3 orang, pasalnya berbeda dari balapan lainnya, tuk-tuk butuh orang lain untuk membantu mengarahkan dan memindahkan beban. Dalam beberapa kasus, satu atau lebih orang yang tidak mengemudi tuk-tuk harus melompat keluar untuk mendorong tuk-tuk bisa kembali ke trek.

Tapi balap itu terlihat sedikit berbahaya. Jika pada balap mobil atau sepeda motor pembalap harus benar-benar aman dengan memakai sperangkat pakaian balap, helm dan lainnya, tidak dengan tuk-tuk. Dalam video yang dirilis, bahkan mereka tak mengenakan sepatu dan memakai kaos lengan pendek.

Tapi mungkin bagi mereka itu menyenangkan dan begitulah cara mengendarai tuk-tuk yang seharusnya. Balap tuk-tuk selanjutnya disebut akan digelar pada 17-19 Oktober 2021 di Sri Lanka.

2 dari 2 Halaman

BERI KOMENTAR