HOME » BERITA » TAK PERLU KE BENGKEL, INI CARA BERSIHKAN FILTER UDARA MOTOR

Tak Perlu ke Bengkel, Ini Cara Bersihkan Filter Udara Motor

Salah satu komponen yang jarang mendapat perhatian ialah filter udara. Meski demikian, fungsi part tersebut juga penting bagi performa motor.

Jum'at, 11 Mei 2018 15:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Filter udara sepeda motor/ xbhp.com

OTOSIA.COM - Salah satu komponen yang jarang mendapat perhatian ialah filter udara. Meski demikian, fungsi part tersebut juga penting bagi performa motor.

Karena itulah, filter udara juga perlu dirawat secara rutin. Jika sampai terbengkalai, filter udara yang kotor bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, mesin terasa brebet, dan bahkan mogok di tengah jalan.

Ternyata, untuk membersihkan filter udara tidak perlu ke bengkel dan dapat dilakukan sendiri. Dilansir dari akun instagram @yamahaindonesia, berikut tips membersihkan filter udara di rumah.

1. Bersihkan dengan semprotan angin

Untuk membersikan filter udara, disarankan menggunakan semprotan angin. Pasalnya, angin tidak sampai merusak komponen di dalam filter. Selain itu, tekanan angin yang tinggi bisa menghilangkan debu yang ada di celah terkecil.

2. Semprot dengan arah berlawanan

Menyemprot dengan arah berlawanan mencegah debu untuk tetap menempel atau bahkan makin melekat pada filter. Pastikan kita menghadap ke sisi filter yang bersih.

3. Lakukan secara perlahan

Komponen penyaring udara biasanya terbuat dari bahan yang tipis dan halus. Lakukan penyemprotan secara perlahan supaya filter lebih awet.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR