HOME » BERITA » TIDAK ADA AMPUN, POLISI TETAP TINDAK PEMILIK MOBIL DENGAN 'PELAT DEWA'

Tidak Ada Ampun, Polisi Tetap Tindak Pemilik Mobil dengan 'Pelat Dewa'

Ditlantas Polda Metro Jaya tetap menilang beberapa mobil dengan pelat RF lantaran melanggar aturan lalu lintas yang berlaku

Jum'at, 21 Januari 2022 13:15 Editor : Ahmad Muzaki
Tidak Ada Ampun, Polisi Tetap Tindak Pemilik Mobil dengan 'Pelat Dewa'
Petugas kepolisian memberhentikan mobil yang melanggar aturan ganjil genap (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

OTOSIA.COM - Pengguna pelat RF (pelat dewa) dianggap memiliki keistimewaan oleh beberapa pengguna jalan. Meski begitu Polda Metro Jaya memastikan bahwa pihaknya tak tebang pilih dan tetap menindak pengemudi mobil dengan plat tersebut jika melanggar aturan lalu lintas.

Alhasil, sejak Senin (17/01/2022) lalu, Ditlantas Polda Metro Jaya tetap menilang beberapa mobil dengan pelat RF lantaran melanggar aturan lalu lintas yang berlaku.

1 dari 3 Halaman

Adapun jumlah kendaraan yang berhasil ditindak melalui sistem tilang sebanyak 124 unit. Semua kendaraan tersebut diidentifikasi menggunakan plat khusus dengan kode RF.

Dalam keterangannya, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, menjelaskan bahwa meskipun mobil tersebut menggunakan pelat RF, tetapi pihaknya tetap melakukan tindakan yang sama dengan pengguna kendaraan lain.

"Kami tindak dengan tilang dengan berbagai jenis pelanggaran," jelas Sambodo, dilansir laman resmi Korlantas Polri.

2 dari 3 Halaman

Sepanjang penindakan tersebut, Sambodo, menambahkan bahwa pengemudi mobil dengan pelat RF tersebut kerap kali melakukan tiga pelanggaran di jalan raya.

Adapun pelanggaran yang paling banyak dilakukan adalah melalui sistem ganjil genap pada beberapa ruas jalan.

"Paling banyak pelanggaran ganjil genap dan pelanggaran penggunaan bahu jalan serta pelanggaran penggunaan rotator dan sirine," tambahnya.

3 dari 3 Halaman

Tidak Pandang Bulu dalam Menilang Pengguna Jalan

Penindakan berupa tilang tersebut merupakan bukti bahwa pihak kepolisian tidak memandang bulu dalam penerapan peraturan yang berlaku. Ia juga menyebutkan siapapun yang melakukan pelanggaran akan ditindak sesuai dengan peraturan.

"Kami sampaikan sekali lagi para pengguna atau pemilik kendaraan yang menggunakan STNK khusus atau rahasia bahwa kendaraan tersebut wajib hukumnya untuk mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku," tandas Sambodo.

Penulis: Fahmi Rizki

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR