HOME » BERITA » TAK PUNYA MASKER, PETANI PAKAI MASKER DARI DAUN SAAT NAIK MOTOR

Tak Punya Masker, Petani Pakai Masker dari Daun saat Naik Motor

Dua orang petani mengaku tak memiliki masker untuk menutupi mulut dan hidungnya. Mereka lantas menggunakan daun untuk pengganti masker.

Jum'at, 23 Juli 2021 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tak Punya Masker, Petani Pakai Masker dari Daun saat Naik Motor
Viral petani pakai masker dari daun (Instagram/andreli48)

OTOSIA.COM - Peristiwa tak terduga kerap kali terjadi di pos penyekatan selama pandemi COVID-19 berlangsung. Seperti pengendara yang lupa menggunakan masker sampai-sampai reflek mengenakan plastik sebagai gantinya.

Ada juga pengendara mobil pick up yang terpaksa mengenakan masker dari pakaian dalam lantaran langkanya masker saat awal-awal pandemi merebak. Belum lama ini, video yang menunjukkan pengendara motor mengenakan masker dari daun juga viral di media sosial.

Peristiwa itu diketahui terjadi di Desa Tebing Kecamatan Lebong Atas, Lebong, Bengkulu pada Rabu (21/7/2021). Pada video tersebut terlihat sejumlah anggota TNI yang bertugas di pos penyekatan.

1 dari 4 Halaman

(c) Instagram/andreli48

Mereka menghentikan dua laki-laki berboncengan yang mengenakan masker terbuat dari daun untuk menutupi hidung dan mulut. Petugas pun menghentikan dan menginterogasi kedunya lantaran mengenkan masker yang terlihat unik.

"Dua-duanya? Ini (masker daun) untuk apa? Sebenarnya bapak bisa lepas baju, bajunya jadiin masker. Bukan daun," kata seorang TNI.

2 dari 4 Halaman

Tak Punya Masker di Rumah

Melansir dari laman Instagram akun @andreli48, petani berusia 42 tahun itu mengaku tak memiliki masker medis maupun kain di rumah. Selain itu, saat hendak berangkat berkebun dipagi hari belum ada penyekatan.

Tak disangka kala pulang posko perbatasan telah aktif razia masker. Melihat hal itu, Jum dan anaknya berinisiatif membuat masker dari daun yang diikat ke telinga.

"Ini dari mana pak? Ini (batu) bukan untuk melempar kami kan?" tanyanya lagi.

"Dari kebun. Enggak pak, ini (batu) mau buat pondasi rumah kami," tukasnya.

3 dari 4 Halaman

Diapresiasi Bupati Lebong

(c) Instagram/andreli48

Bupati Lebong Kopli Ansori tengah melakukan pemantauan di sejumlah posko. Kebetulan menjumpai dua petani tadi.

Bukannya marah, Ansori lantas tertawa dan memberi apresiasi sembari memakaikan masker medis. Aksi Jum beserta putranya dinilai kreatif demi mentaati aturan protokol kesehatan.

"Jadi bapak saking takutnya terpapar Covid, saking maunya bapak prokes. Terima kasih atas partisipasinya pak. Pakai masker dengan baik ya pak. Tidak ada masker, daun pun jadi. Saya apresiasi pak," ujar Bupati Lebong yang sontak membuat warga tertawa.

 

4 dari 4 Halaman

Penulis: Kurnia Aziza

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR