HOME » BERITA » TAK SEKADAR HIASAN, JANGAN REMEHKAN FUNGSI HIGH MOUNT STOP LAMP

Tak Sekadar Hiasan, Jangan Remehkan Fungsi High Mount Stop Lamp

Keberadaan high mount stop lamp sering dianggap sebagai pemanis mobil saja. Padahal high mount stop lamp memiliki fungsi yang tak bisa diremehkan.

Jum'at, 22 Maret 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Samsung)

OTOSIA.COM - Masih banyak yang menganggap keberadaan high mount stop lamp hanya sebagai pemanis. Padahal, fungsi komponen yang satu itu tak bisa diremehkan. Ya, Keselamatan berkendara.

Fitur ini bisa disebut sebagai alat komunikasi untuk kendaraan. High mount stop lamp memberikan respons pengereman kendaraan, sehingga mencegah terjadinya tabrakan dari belakang.

"Anggapan aksesori untuk high mount stop lamp itu salah, justru di beberapa negara lain, fitur ini diwajikan karena terbukti sangat membantu menekan angka kecelakaan atau tabrak belakang," ujar Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna.

High mount stop lamp juga biasa dikenal dengan nama thrid brake lamp. Posisinya di belakang atas mobil bukan tanpa maksud, melainkan untuk memudahkan pengendara lain melihat dari jauh. Apalagi untuk mobil yang posisi sopirnya lebih tinggi.

Dengan begitu, saat pengendara di depan melakukan pengereman, mobil yang ada di belakangnya sudah mendapat informasi atau melihat lebih dulu.

Secara otomatis, pengendara akan memiliki waktu respons pengereman yang lebih baik. Sehingga bisa menekan terjadinya kecelakaan atau tabrak dari belakang.

Jika dilihat dari fungsi, menurut Suparna, harusnya fitur ii sudah menjadi perangkat wajin pada setiap mobil. Aapalagi erat kaitannya dengan masalah keselamatan saat berkendara.

"Hal-hal seperti ini memang masih perlu diedukasi bagi konsumen pengguna mobil di Indonesia, mereka harus tau mana yang sekadar aksesori, mana yang memiliki manfaat,€™ urai Suparnya. Dengan penggunaan fitur ini pada setiap mobil, pengendara akan lebih responsif untuk mengalihkan kendaraan saat terjadi pengereman mendadak karena sudah terinformasi dari high mount stop lamp tadi," tandasnya seperti dikutip dari laman Auto2000.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR