HOME » BERITA » TAK SEKADAR HINDARI RAZIA, PUNYA SIM JUGA BUKTIKAN KEMAMPUAN BERKENDARA

Tak Sekadar Hindari Razia, Punya SIM Juga Buktikan Kemampuan Berkendara

Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) memang membuat sedikit tenang saat ada razia polisi. Namun, nyatanya SIM tak hanya untuk menghindari razia ataupun sekadar manaati aturan.

Minggu, 13 Mei 2018 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto : Dok Otosia.com

OTOSIA.COM - Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) memang membuat sedikit tenang saat ada razia polisi. Namun, nyatanya SIM tak hanya untuk menghindari razia ataupun sekadar manaati aturan.

Dengan memiliki SIM, seorang pengendara juga membuktikan bahwa dirinya memiliki skill berkendara yang baik. Mampu menaati aturan lalu lintas dan memiliki etika berkendara di jalan.

Tentu hal-hal tersebut sebelumnya telah diujikan kepada seorang pengendara. Setelah lolos dari serangkaian tes uji SIM, barulah pengendara bisa memiliki SIM.

Tapi taukah kamu, fungsi SIM tak hanya sekadar berputar pada hal-hal tersebut?

Seperti dituliskan dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 86, menyebut bahwa SIM memiliki tiga fungsi.

Pertama, Surat Izin Mengemudi berfungsi sebagai bukti kompetensi mengemudi. Poin ini seperti disebutkan di atas bahwa SIM membuktikan seberapa baiknya skill seorang pengendara.

Sebab, berkendara di jalan raya tak hanya melibatkan keselamatan diri sendiri, tapi juga semua orang yang menggunakan jalan raya.

Kedua, Surat Izin Mengemudi berfungsi sebagai registrasi Pengemudi Kendaraan bermotor yang memuat keterangan identitas lengkap Pengemudi.

Hal ini juga akan mempermudah untuk menguidentifikasi pengendara, jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Seperti kecelakaan, sehingga akan lebih cepat tertangani.

Terakhir, Data pada registrasi Pengemudi dapat digunakan untuk mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan, dan identifikasi forensik kepolisian.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR