HOME » BERITA » TAK SEMBARANGAN, MOBIL KEPRESIDENAN JOKOWI PUNYA MEKANIK KHUSUS

Tak Sembarangan, Mobil Kepresidenan Jokowi Punya Mekanik Khusus

Mercedes-Benz Indonesia sampai membentuk tim khusus untuk menangani mobil kepresidenan Jokowi.

Senin, 20 Januari 2020 18:15 Editor : Cornelius Candra
Tak Sembarangan, Mobil Kepresidenan Jokowi Punya Mekanik Khusus
Mercedes-Benz S600 Guard (Autocar.co.uk)

OTOSIA.COM - Mercedes-Benz S600 Guard akhirnya telah tiba di Indonesia. Mobil sedan mewah dengan sistem keamanan khusus yang didatangkan langsung dari Jerman itu nantinya akan digunakan oleh orang nomor 1 di Indonesia, Presiden Joko Widodo.

Dengan status sebagai mobil dinas untuk kepentingan negara, bagaimana pihak pabrikan asal Jerman ini untuk memberikan perawatan atau servis berkala, dan apakah bakal dibikin tim khusus untuk hal tersebut?

1 dari 4 Halaman

Dijelaskan Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communications PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), untuk servis berkala memang biasanya tim agen pemegang merek (APM) yang datang. Namun, tetap diawasi oleh petugas kemanan, karena menyangkut peraturan keselamatan.

"Ya kalau servis bisa dipanggil, karena sebelumnya kita akan melakukan trainning kepada mekanik, karena perawatan ringan tentunya tidak harus dibawa ke mana-mana kan," jelas Hari saat berbincang dengan wartawan di Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

2 dari 4 Halaman

Lanjutnya, untuk tim khusus sendiri, memang disesuaikan dengan kebutuhan Sekertariat Negara (Sekneg). Jadi, jika diminta akan ditindak lanjuti oleh PT MBDI untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan tersebut.

"Kalau tim khusus ya ada, kalau tidak ya sama saja kaya audit. karena ini kan yang kita tangani bukan kendaraan biasa, ya jadi harus dipersiapkan lah," pungkasnya dalam Liputan6.com.

3 dari 4 Halaman

Mercedes-Benz S6000 Guard memang memiliki spesifikasi yang cukup canggih. Terdapat pula sistem rem ABS, active blind spot assist, active lane keeping assist, pre-safe brake dan rem parkir listrik.

Fiturnya dilengkapi dengan night view assist plus, sistem lampu cerdas LED, dan Kamera 360. Untuk bagian interior, S 600 Guard dilengkapi sandaran kaki dan bantal pada jok belakang, serta sistem multicontour, yang mampu memanjakan penumpang karena bisa mengatur mode penghangat dan pijat.

4 dari 4 Halaman

Penumpang juga bisa melakukan panggilan bisnis melalui telepon yang terintegrasi dengan handset dan layar sentuh. Ada pula lampu baca dengan teknologi LED.

Dari sisi dapur pacu, S 600 Guard dibenamkan mesin bensin V12, yang mampu menghasilkan 530 hp dan torsi 830 Nm karena dikawinkan dengan transmisi otomatis 7G-TRONIC.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR