HOME » BERITA » TAK TELITI SEBELUM MEMBELI, MILIARDER ASURANSI MERASA TERTIPU BELI PORSCHE KLASIK

Tak Teliti Sebelum Membeli, Miliarder Asuransi Merasa Tertipu Beli Porsche Klasik

Membeli mobil pun tetap harus teliti sekalipun disebut sebagai mobil collector's item yang dijamin keasliannya.

Selasa, 07 Januari 2020 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tak Teliti Sebelum Membeli, Miliarder Asuransi Merasa Tertipu Beli Porsche Klasik
Porsche 911 Carrera RS 2.7 (Ilustrasi/The Telegraph)

OTOSIA.COM - Bagi orang-orang super kaya, mengeluarkan uang miliaran rupiah sepertinya bukan hal yang susah. Mungkin seperti membuang sesuatu yang kecil.

Meski begitu bukan berarti tak meneliti barang yang akan dibeli, jika tak ingin mendapatkan barang yang tidak sesuai. Seperti seorang miliarder asuransi asal Jerman, Andreas Pohl, yang kini menggugat diler spesialis mobil bersejarah, Coys of Kensington.

Menurut The Telegraph, Pohl membeli mobil Porsche 911 Carrea RS 2.7 pada Oktober 2018 lalu. Pohl membelinya seharga GBP 400.000 atau Rp 7,3 miliaran (Kurs GBP 1 = Rp 18.356). Sayangnya dia tak mengecek atau mengirim orang ke Inggris untuk memeriksa kondisi mobil tersebut.

1 dari 2 Halaman

Tak Teliti Sebelum Membeli, Miliarder Asuransi Merasa Tertipu Beli Porsche Klasik

Dia membelinya sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Coys. Rupanya, ketika dikirim ke Jerman, dia menemukan bahwa mobil tersebut tak seperti seharusnya.

Menurutnya, seharusnya mobil itu tipe F, tapi jadi tipe G yang jauh lebih tua. Selain itu, mobil itu dilengkapi dengan crankcase aluminium dan colokan listrik serta ada bagian baru dan tidak otentik yang ditemukan pada sambungan sekrup untuk sabuk pengaman.

Semua modifikasi itu membuat mobil disebut tidak aman dikendarai, selain merusak keasliannya.Pohl meyakini bahwa mobil tersebut bahkan tak akan lulus tes MOT, terutama karena sistem kemudi bocor dan rem serta gandar terkorosi.

2 dari 2 Halaman

Tak Teliti Sebelum Membeli, Miliarder Asuransi Merasa Tertipu Beli Porsche Klasik

Coys membantah hal tersebut dan mengklaim semuanya asli luar dalam. Coys berencana akan melawan tuduhan tersebut. Mereka mengatakan, bahwa Pohl tahu sejak hari pertama bahwa dia membeli collector's item.

Pohl bahkan sudah menandatangani pernyataan yang menyebutkan bahwa hal itu dilakukans ecara sadar dan barang tersebut adalah collector's item. Pohl sudah diberi waktu untuk datang memeriksa tapi tak pernah melakukannya.

"Dia menyatakan puas dengna kondisi dan keasliannya," kata Coys.

BERI KOMENTAR