HOME » BERITA » 1.000 HARI MENGASPAL, APA SAJA YANG SUDAH DILAKUKAN WULING DI INDONESIA?

1.000 Hari Mengaspal, Apa Saja yang Sudah Dilakukan Wuling di Indonesia?

Dalam waktu 1.000 hari, Wuling telah memiliki 3 model unggulan dan lebih dari 100 dealer resmi di Indonesia.

Kamis, 23 April 2020 10:15 Editor : Cornelius Candra
1.000 Hari Mengaspal, Apa Saja yang Sudah Dilakukan Wuling di Indonesia?
Wuling Confero S ACT (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Pada 6 April 2020 lalu, usia Wuling Motors (Wuling) di Indonesia telah genap 1.000 hari. Artinya, pabrikan asal China ini telah berhasil melewati kurang lebih 3 tahun pertamanya di pasar otomotif Tanah Air.

Jelas, keberhasilan ini pun tak terlepas dari minat konsumen pada beragam produk yang ditawarkan. Berbagai pencapaian pun memotivasi Wuling untuk terus melaju dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kendaraan.

Mengutip dari laman resmi Wuling, inilah perjalanan 1.000 hari Wuling di pasar otomotif Indonesia:

1 dari 14 Halaman

Hari ke-1

Pertama kali, Wuling menginjakkan kakinya di Indonesia pada tahun 2017 silam. Tepatnya pada 11 Juli, pabrikan asal China itu meresmikan pabriknya yang berada di Cikarang, Bekasi Jawa Barat. Pabrik Wuling ini dilengkapi peralatan berstandar global dan teknologi canggih untuk memastikan kualitas produknya.

Total, ada 4 fasilitas yang beroperasi, yaitu Press Shop untuk memproduksi komponen awal, Body Shop yang bertugas menyatukan komponen logam, Paint Shop atau pengecatan, serta General Assembly, perakitan seluruh bagian menjadi sebuah mobil yang utuh.

2 dari 14 Halaman

Hari ke-22

Tak lama setelah mendirikan pabrik di Indonesia, Wuling pun merilis produk pertamanya, yaitu Wuling Confero S. Mobil ini terlahir sebagai MPV 7-seater dan meluncur pada 2 Agustus 2017 atau di hari ke-22.

Kala itu, Wuling Confero S banyak diperbincangkan lantaran harganya yang setara mobil LCGC. Hadir dalam 3 varian, mobil ini dibanderol Rp128,8 juta di tipe terendah dan yang tertinggi hanya Rp162,9 juta (OTR Jakarta).

3 dari 14 Halaman

Hari ke-172

Meski hanya menjual Wuling Confero S dan usianya belum mencapai 1 tahun, mereka berhasil menembus peringkat 10 besar pabrikan dengan penjualan tertinggi di Indonesia. Capaian ini diraih pada akhir 2017, tepatnya 30 Desember.

Keberhasilan tersebut tentu tak terlepas dari harga Wuling Confero S yang lebih rendah dibanding mobil Low MPV lainnya. Selain itu, mereka telah memiliki jaringan diler yang cukup banyak di Indonesia sehingga lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

4 dari 14 Halaman

Hari ke-212

Untuk memperkuat tajinya di Indonesia, Wuling pun akhirnya merilis produk keduanya, yaitu Wuling Cortez pada 8 Februari 2018. Mobil ini terlahir sebagai medium MPV dan berada di atas Wuling Confero S.

Mesin mobil ini sebenarnya identik dengan Wuling Confero S, 1.500 cc bertenaga 107 hp dan torsi 142 Nm. Namun, dapur pacu Wuling Cortez juga tersedia dalam transmisi otomatis. Harganya jelas lebih tinggi, Rp218-264 juta.

5 dari 14 Halaman

Hari ke-365

Akhirnya Wuling berulang tahun untuk pertama kalinya di Indonesia pada 11 Juli 2018. Meski masih sangat muda, bisa dibilang pabrikan asal China itu telah berhasil menarik perhatian para pecinta otomotif dan masyarakat Tanah Air.

Total, saat itu Wuling memiliki 2 model yang menjadi andalan, yaitu Wuling Confero S dan Wuling Cortez. Mereka pun telah berhasil menembus peringkat 10 besar pabrikan terlaris di pasar otomotif Indonesia dan sekitar 50 dealer telah beroperasi.

6 dari 14 Halaman

Hari ke-537

Di tahun kedua, Wuling tampaknya merasa belum puas dengan beragam pencapaiannya. Mereka terus menggenjot penjualan dan berhasil masuk ke peringkat 6 besar pabrikan mobil terlaris di Indonesia.

Prestasi ini tentu tak terlepas dari hadirnya Wuling Cortez yang menemani Wuling Confero S. Mobil itu pun laris manis di pasar otomotif Indonesia karena memiliki value-for-money yang baik.

7 dari 14 Halaman

Hari ke-596

Mengawali 2019, Wuling akhirnya masuk ke segmen SUV dengan meluncurkan Wuling Almaz pada 27 Februari. Mobil ini sempat digadang-gadang mampu mematahkan dominasi Honda CR-V di kelas medium SUV.

Ekspektasi tersebut memang cenderung tinggi. Wajar saja, harga Wuling Almaz jauh lebih murah, tepatnya Rp318,8 juta (OTR Jakarta). Dengan banderol tersebut, terpasang beragam fitur menarik, salah satunya head-unit super besar berukuran 10,4 inci.

8 dari 14 Halaman

Hari ke-653

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, Wuling akhirnya menghadirkan Wuling Confero S ACT dalam gelaran IIMS 2019, 25 April. Menariknya, mobil ini masih dibekali transmisi manual, tapi tak memiliki pedal kopling lantaran menggunakan sistem eClutch.

Pada waktu yang bersamaan, mereka pun merilis Wuling Cortez CT. Yang menjadi perhatian dari mobil ini adalah gril baru dan mesin yang lebih superior, 1.500 cc Turbocharger. Dapur pacu ini menghasilkan tenaga 240 hp dengan torsi maksimum 250 Nm.

9 dari 14 Halaman

Hari ke-654

Selang sehari setelahnya, pabrikan asal China ini juga meluncurkan aplikasi My WULING+ pada gelaran yang sama. Fasilitas ini dihadirkan agar pelanggan lebih mudah menjangkau berbagai program yang ditawarkan.

Di dalamnya terdapat beragam informasi terbaru mengenai produk Wuling, layanan booking untuk servis rutin, dan lokasi bengkel resmi. Tak hanya itu, ada juga call center serta komunitas Wuling di selruh Indonesia.

10 dari 14 Halaman

Hari ke-730

Wuling pun akhirnya genap berusia 2 tahun pada 11 Juli 2019. Total, mereka telah merilis 2 mobil MPV, yaitu Wuling Confero S dan Wuling Cortez, serta 1 SUV, yakni Wuling Almaz.

Tak hanya itu, Wuling pun telah meraih berbagai penghargaan selama 2 tahun perjalanannya, seperti Indonesian Car of the Year 2018, Best Value for Money, dan Best Category Medium MPV.

11 dari 14 Halaman

Hari ke-737

Tak lama setelah ulang tahunnya yang kedua, tepatnya 18 Juli 2019, Wuling menghadirkan inovasi canggih, yaitu WIND (Wuling Indonesia Command). Untuk pertama kalinya, Fitur ini tertanam pada Wuling Almaz 7-seater yang dirilis secara bersamaan.

WIND memungkinkan pengguna Wuling Almaz untuk mengoperasikan beragam fitur hanya melalui perintah suara, seperti membuka sunroof, jendela, dan mengatur suhu AC. Bahkan, fitur ini juga bisa digunakan untuk menelepon.

12 dari 14 Halaman

Hari ke-806

Wuling Indonesia pun menjadi basis produksi untuk berbagai pabrikan di bawah naungan SAIC-Wuling-GM di wilayah Asia Tenggara dan Oseania. Karena itu mereka merayakan Export Ceremony "Together With Indonesia For The World" pada 25 September 2019.

Unit yang diekspor ialah Wuling Almaz dengan Thailand sebagai negara tujuan. Di sana, SUV itu direbadge menjadi Chevrolet Captiva dan memiliki beberapa perbedaan yang sebenarnya tak terlalu mencolok.

13 dari 14 Halaman

Hari ke-958

Untuk pertama kalinya, Wuling Motors pun terjun ke dunia sepak bola. Pada 24 Februari 2020 kemarin, mereka secara resmi menjadi official partner untuk Bali United dan seremoninya diselenggarakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Ini merupakan salah satu wujud nyata dari slogan Wuling, yaitu Drive For A Better Life. Melalui langkah tersebut, mereka juga berupaya untuk terus memajukan dunia sepak bola di Indonesia.

14 dari 14 Halaman

Hari ke-994

Pada 30 Maret 2020 kemarin, Wuling Motors mengumumkan bahwa mereka telah memiliki 115 dealer resmi yang beroperasi di Indonesia. Artinya, konsumen menjadi lebih mudah untuk memiliki produk Wuling, lengkap dengan pelayanan purna jualnya.

Beragam progam penjualan pun dihadirkan untuk memudahkan konsumen melakukan pembelian mobil Wuling. Mereka juga menawarkan servis gratis dan garansi kualitas produk dalam jangka waktu tertentu.

BERI KOMENTAR