HOME » BERITA » TAK TERIMA DITILANG AKIBAT ANAK TAK PAKAI HELM, AYAH TIDURAN DI TENGAH JALAN

Tak Terima Ditilang Akibat Anak Tak Pakai Helm, Ayah Tiduran di Tengah Jalan

Pengendara di Gujarat, India tak terima ditilang dan protes dengan cara tiduran di tengah jalan.

Kamis, 07 November 2019 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tak Terima Ditilang Akibat Anak Tak Pakai Helm, Ayah Tiduran di Tengah Jalan
Protes tak mau ditilang (Cartoq)

OTOSIA.COM - Peristiwa protes tak terima ditilang hingga menarik minat publik terjadi di Gujarat India. Seorang ayah hingga tiduran di tengah jalan sebagai bentuk protes karena tak mau didenda.

Melansir Cartoq, insiden tersebut bermula saat si ayah mengantar anaknya ke sekolah. Tapi si anak tidak memakai helm. Sehingga ketika sampai di perempatan, polisi memberhentikan mereka.

Setelah diperiksa, rupanya si ayah tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat kendaraan dan asuransi. Menurut polisi setempat, pelanggaran tersebut cukup berat. Sehingga polisi menindak mereka, bahkan membawa motornya.

1 dari 3 Halaman

Dalih 'Cuma ke Sekolah'

Tak Terima Ditilang Akibat Anak Tak Pakai Helm, Ayah Tiduran di Tengah JalanDalih 'Cuma ke Sekolah'

Si ayah tak terima dengan keputusan polisi, dan protes dengan cara tiduran di tengah jalan. Tentu saja, aksi si ayah itu menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Si ayah berdalih bahwa apa yang dilakukan polisi itu ilegal. Dia beranggapan bahwa cuma mengantar anaknya ke sekolah dan mengendarai motor secara pelan. Sehingga, helm tidak diperlukan.

Sama seperti di Indonesia, memakai helm itu wajib saat berkendara. Meskipun ada beberapa pengecualian, seperti orang yang memakai turban atau peci ibadah, tidak diwajibkan berhelm.

 

2 dari 3 Halaman

Polisi Tak Pakai Helm

Tak Terima Ditilang Akibat Anak Tak Pakai Helm, Ayah Tiduran di Tengah JalanPolisi Tak Pakai Helm

Mengoperasikan handphone sambil berkendara sepeda motor, dilarang. Jika nekat begitu, siap-siap ditindak polisi. Selain itu juga membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

Tapoi rupanya hal tersebut justru dilakukan oleh oknum polisi yang videonya beredar beberapa waktu lalu. Bahkan polisi tersebut juga membonceng orang lain yang tidak mengenakan helm.

Dalam video tersebut terlihat warga yang menggunakan mobil mencoba menegur sembari merekam kejadian tersebut. Selain tak menggunakan helm, polisi tersebut juga dengan santai bermain ponsel saat sedang berkendara.

Saat sedang ditegur, polisi tersebut mencoba membela diri dengan mengatakan bila penumpang yang berada di belakang merupakan pelanggar lalu lintas.

Video tersebut lantas viral dan menuai banyak reaksi dari netizen. Hal tersebut membuat akun Instagram @polantasindonesia mengimbau agar para petugas kepolisian selalu menaati peraturan yang berlaku.

"Mohon maaf dengan segala hormat, untuk rekan-rekan dilapangan, agar ketika mendapati pelanggar yang tidak membawa STNK & SIM, dan harus mengamankan kendaraan, jika ingin memboncengkan pelanggar diharap tetap mengindahkan aturan yang ada, jangan nanti malah menimbulkan persepsi lain dari pengguna jalan lain, dan petugas juga harus memberi contoh terhadap perilaku berkendara yang baik & benar, misal tentang penggunaan helm & tidak menggunakan ponsel ketika berkemudi," tulis akun @polantasindonesia.

3 dari 3 Halaman

Video

Tak Terima Ditilang Akibat Anak Tak Pakai Helm, Ayah Tiduran di Tengah JalanVideo

"Main hp dijalan sekarang boleh lagi ya???," tulis akun @indra_zipzip.

"Betul min, termasuk juga di ingatkan buat rekan - rekan kita saat membawa barang bukti kendaraan (yang tidak sesuai Standart) sebaiknya di naikkan truk atau bila kendaraannya dikemudikan petugas di kawal depan belakang dengan Mobil Dinas," tulis akun @gandiabukhairullah.

"Namanya juga manusia,tidak luput dari kesalahan,maafkan saja teman teman," tulis akun @pud.tra.

[pos_1]
BERI KOMENTAR