HOME » BERITA » TAKUT DITILANG? KENALI DULU BATAS-BATAS MODIFIKASI YANG WAJIB DIPATUHI

Takut Ditilang? Kenali Dulu Batas-batas Modifikasi yang Wajib Dipatuhi

Kamis, 02 Maret 2017 13:45

Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
Takut Ditilang? Kenali Dulu Batas-batas Modifikasi yang Wajib Dipatuhi
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Keselamatan berkendara sebenarnya bukan hanya tanggung jawab pemerintah dengan fasilitas dan juga infrastruktur yang ada, tapi juga berasal dari masing-masing pengguna jalan yang harus ekstra waspada ketika berkendara.

Salah satu faktor yang turut menjadi problema ketika di jalan tentu saja modifikasi kendaraan bermotor di mana acapkali 'membahayakan' atau dilakukan di bawah standar keselamatan. Oleh karena itu, regulasi pemerintah mengatur ketat berbagai jenis modifikasi kendaraan guna mencegah laka lantas, sehingga pantaslah jika Polisi menilang kendaraan yang tidak menghiraukan masalah keselamtan dengan memodifikasi di luar aturan yang berlaku.

Nah, agar kamu tidak ikut ditilang dan tentu saja aman dari ancaman kecelakaan yang mengintai kapan saja serta siapa saja, mari kenali terlebih dahulu beberapa aturan pemerintah tentang batasan-batasan memodifikasi kendaraan bermotor berikut.

Permasalahan mengenai standar modifikasi ini dijawab oleh Hukumonline.com dengan menakarnya berdasarkan Pasal 1 angka 12 PP No. 55 Tahun 2012 tentang kendaran ("PP No. 55/2012"), yang menjalaskan bahwa modifikasi kendaraan bermotor meliputi perubahan spesifikasi teknis, dimensi, mesin dan/atau kemampuan daya angkut.

Jika kendaraan hasil modifikasi tersebut mengubah poin di atas, maka harus dilakukan penelitian rancang bangun dan rekayasa kendaraan, sesui Pasal 52 ayat (1) UU No.2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU No. 22/2009") juncto Pasal 123 ayat (1) huruf b juncto Pasal 131 huruf (e) PP No. 55/2012 yang meliputi:

1.    rancangan teknis;

2.    susunan;

3.    ukuran;

4.    material;

5.    kaca, pintu, engsel, dan bumper;

6.    sistem lampu dan alat pemantul cahaya; dan

7.    tempat pemasangan tanda nomor Kendaraan Bermotor.

 (kpl/sdi)






APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-15
detail-paging

BERITA POPULER