HOME » BERITA » KENALI 10 TANDA KERUSAKAN MOTOR AGAR ANTI RIBET DAN BINGUNG SAAT SERVIS KE BENGKEL

Kenali 10 Tanda Kerusakan Motor Agar Anti Ribet dan Bingung Saat Servis ke Bengkel

Tanda motor sedang bermasalah tentu sangat banyak, berikut ini penjelasan lengkapnya

Sabtu, 08 Agustus 2020 08:15 Editor : Ahmad Muzaki
Kenali 10 Tanda Kerusakan Motor Agar Anti Ribet dan Bingung Saat Servis ke Bengkel
Motor ngebul (Otosia.com)

OTOSIA.COM - Pemilik sepeda motor tentu harus peka terhadap tanda yang dialami oleh kendaraannya. Bisa jadi tanda-tanda yang ada tersebut mengindikasikan bahwa motor tengah mengalami masalah.

Jangan sampai Otolovers hanya menggunakan tanpa merawat kendaraan yang dipunya. Karena lama-kelamaan sejatinya motor akan mengalami kendala dan memerlukan perawatan. Tentu jika kerusakan ringan, Otolovers bisa memerbaikinya sendiri, namun jika dalam kondisi berat harus membawanya ke bengkel.

Nah, inilah permasalah yang kadang dialami oleh sebagian orang. Sebab mereka biasanya akan kebingungan saat berada di bengkel. Tidak tahu-menahu kerusakan apa yang dialami motornya, yang diketahui hanya sebatas kendaraan yang dipakai sedang dalam performa buruk.

Kondisi seperti ini jelas sangat tidak dianjurkan. Paling tidak Otolovers harus mengetahui terkait kerusakan apa yang sedang dialami motor. Selain sebagai pengetahuan, hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan saat di bengkel. Bisa saja ada oknum bengkel nakal yang suka melebih-lebihkan kerusakan kendaraan.

Terkait kerusakan motor, sebenarnya bisa diketahui dari tanda-tanda yang ada di kendaraan tersebut. Lantas apa tanda sepeda motor sedang bermasalah? Nah, berikut ini informasi lengkapnya yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

1 dari 10 Halaman

Motor Sulit Dihidupkan

Setiap pengendara tentu sering mengalami kondisi ini. Motor sulit dihidupkan biasanya disebabkan oleh dua faktor, pertama busi dan piston.

Terkadang busi motor bermasalah karena percikan api yang tak cukup besar. Dipengaruhi oleh busi dalam kondisi buruk atau memang sudah waktunya ganti baru. Oleh sebab itu, untuk mengembalikan performa kendaraan, bisa dengan mengganti baru komponen tersebut atau membersihkannya.

Motor sulit dihidupkan atau mati mendadak terkadang juga disebabkan oleh piston. Jika bagian tersebut rusak, maka dinding silinder yang aus menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran dan itulah yang menjadi sumber masalahnya.

2 dari 10 Halaman

Mesin Brebet

Busi dan piston menjadi salah satu penyebab utama performa motor berkurang. Mesin brebet pun demikian, biasanya memang disebabkan oleh dua komponen tersebut.

Biasanya di salah satu komponen tersebut ada yang bermasalah, seperti busi kotor atau sudah waktunya ganti baru.

3 dari 10 Halaman

Motor Tidak Responsif

Motor tidak responsif, itu merupakan tanda bahwa performa busi sudah menurun. Biasanya hal ini dikarenakan memang komponen tersebut sudah waktunya ganti.

4 dari 10 Halaman

Suara Mesin Kasar

Ada tanda suara mesin kasar bahkan cukup mengganggu saat berkendara, itu menandakan bahwa motor Otolovers sedang dalam keadaan tidak baik. Biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh salah satu komponen yang bermasalah, seperti piston, lifter, keteng, kopling, noken as, atau setang seher.

5 dari 10 Halaman

Motor Ngebul

Jika kendaraan Otolovers bagian knalpot ngebul atau mengeluarkan asap putih, itu merupakan tanda bagian piston telah oblak. Ngebul bisa juga disebabkan oleh ring piston yang sudah aus dan setang piston sedang bermasalah, sehingga menyebabkan oli merembes ke ruang pembakaran.

6 dari 10 Halaman

Oli Mesin Cepat Habis

Baru beberapa hari mengganti oli mesin, namun kok sudah habis saja. Mungkin kondisi ini juga kerap dialami Otolovers. Jika memang kendaraan sedang mengalaminya, itu tandanya adalah bagian piston sedang bermasalah. Ketika komponen tersebut bermasalah ternyata bisa membakar oli mesin dan lama kelamaan akan habis dengan sendirinya.

7 dari 10 Halaman

Ada Suara Menghentak Pada Suspensi

Jika ada tanda tersebut, maka motor Otolovers sedang tidak dalam kondisi prima di bagian suspensi. Hal itu disebabkan oleh suspensi yang sudah tidak memantul dengan normal atau bisa dikatakan mengalami kerusakan. Segera kunjungi bengkel untuk memastikannya, apakah bisa diperbaiki atau harus diganti.

8 dari 10 Halaman

Oli Suspensi Bocor

Di peredam kejut ada oli yang keluar. Itu tandanya adalah suspensi kendaraan tidak dalam kondisi normal. Kemungkinan besar tentu kerusakan dan harus segera ditangani. Jika tidak takutnya akan memengaruhi performa komponen lainnya, sebab oli yang keluar itu dapat menempel ke mana-mana.

9 dari 10 Halaman

Ban Belakang Goyang

Saat berkendara Otolovers merasakan ban belakang goyang atau tidak stabil, maka hal itu merupakan tanda kerusakan pada shockbreaker. Agar tak semakin parah, segeralah kunjungi bengkel terdekat.

10 dari 10 Halaman

Stir Berat dan Bergetar

Tanda lainnya yang menunjukkan kerusakan motor adalah stir dalam kondisi berat dan bergetar saat digunakan berkendara. Paling terasa saat di jalanan menikung dan ketika terkena goncangan akibat lubang atau lainnya. Hal ini menandakan bagian bearing mengalami kerusakan.

BERI KOMENTAR