HOME » BERITA » TANPA ANTRE, BEGINI CARA MUDAH BAYAR PAJAK KENDARAAN SECARA ONLINE

Tanpa Antre, Begini Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazlurrahman, menyatakan bahwa pembayaran pajak online sudah dapat dilakukan di seluruh wilayah Indonesia

Sabtu, 04 April 2020 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Tanpa Antre, Begini Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan Secara Online
Peresmian Samsat Online. ©2017 merdeka.com/imam buhori

OTOSIA.COM - Teknologi internet memang bisa bikin pekerjaan manusia jadi lebih mudah. Tak hanya itu, dengan teknologi tersebut juga bisa persingkat waktu dalam sebuah aktivitas. Tentunya manfaat tersebut turut diterapkan di pemerintahan, bahkan saat ini hampir di setiap birokrasi.

Salah satu layanan pemerintah yang memanfaatkan teknologi internet adalah Samolnas atau Samsat Online Nasional. Program ini diterapkan untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor setiap tahun oleh masyarakat. Program ini pun sudah disosialisaikan pihak Kepolisian Republik Indonesia sejak September tahun lalu.

1 dari 3 Halaman

Masuk dalam program nasional, Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazlurrahman, menyatakan bahwa pembayaran pajak online sudah dapat dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Program ini pun dipercaya dapat menjadi solusi praktis untuk mempersingkat birokrasi.

"Harapan saya masyarakat memanfaatkan sarana ini. Untuk memudahkan membayar pajak dan mengesahkan STNK. Sehingga tidak perlu lagi meluangkan waktu ke Samsat," terang Arif seperti dikutip dari laman Liputan6.com.

Bagi Anda yang tertarik melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online, bisa dilakukan dengan mudah melalui akses aplikasi Samolnas. Dilansir dari Liputan6.com, berikut cara bayar pajak kendaraan online mudah dan praktis yang bisa Anda lakukan.

2 dari 3 Halaman

Cara Bayar Pajak Kendaraan Online

Berikut adalah beberapa cara bayar pajak kendaraan online yang bisa Anda lakukan dengan mudah, tanpa perlu mengantre.

1. Download aplikasi Samolnas di Google Play Store atau App Store.

2. Sebelum melakukan transaksi, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Isi data nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor rangka terakhir yang Anda miliki.

3. Selesai mengisi data formulir dan mengakhirinya, Anda akan mendapat kode pembayaran yang berlaku selama 2 jam.

4. Setelah itu, lakukan pembayaran melalui bank atau modern channel yang terdapat biaya administrasi perbankan sebesar 5.000 rupiah.

5. Kemudian, Anda akan mendapatkan tanda bukti pelunasan pembayaran secara elektronik melalui menu E-TBPKB. Selain itu pada menu E-Pengesahan STNK juga akan menampilkan pengesahan STNK secara eletronik yang berlaku selama 1 bulan.

6. Setelah itu, pemohon wajib pajak akan mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirim melalui ekspedisi ke alamat sesuai dengan yang tertera pada STNK.

3 dari 3 Halaman

Keutungan Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Itulah beberapa cara bayar pajak kendaraan online yang sangat mudah dan praktis. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang, dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mempermudah pelaksanaan wajib pajak kendaraan.

Siapa saja juga bisa lakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. Asalkan orang tersebut memenuhi syarat yang berlaku.

BERI KOMENTAR