HOME » BERITA » TANPA PABRIK, BIKIN MOTOR SEKARANG HANYA BUTUH PRINTER 3D

Tanpa Pabrik, Bikin Motor Sekarang Hanya Butuh Printer 3D

Baru-baru ini sebuah produsen printer 3D bahwa mereka bisa mebuat sepeda motor tanpa pabrik, namun hanya menggunakan printer 3D.

Rabu, 21 November 2018 13:15 Editor : Cornelius Candra
NERA E-Motorcycle (idarts.co.jp)

OTOSIA.COM - Teknologi di berbagai bidang saat ini tengah mengalami kemjuan pesat, tak terkecuali sektor otomotif. Bahkan, ada yang memanfaatkannya untuk membuat berbagai komponen tanpa membutuhkan pabrik, tapi hanya printer 3 dimensi (3D).

Mengutip dari Rideapart.com, hal itu telah dibuktikan oleh pembuat printer 3D asal Jerman bernama BigRep. Ya, mereka telah memperagakan bahwa seluruh bagian sepeda motor kini dapat dicetak dengan printer 3D.

Eksperimen ini dikerjakan oleh salah satu divisi BigRep bernama NowLab dengan membuat sebuah motor yang disebut sebagai NERA E-Motorcycle. Seperti namanya, hasil eksperimen ini adalah sebuah motor listrik yang dianggap lebih mudah dibanding membuat sepeda motor bermesin konvensional.

NERA E-Motorcycle hanya terbuat dari 15 komponen yang dibuat menggunakan printer 3D dengan desain radikal dan futuristik. Menariknya, motor listrik ini tidak menggunakan ban, melainkan velg berrongga.

Selain itu, NowLab juga menjelaskan bahwa NERA E-Motorcycle tidak dilengkapi dengan suspensi. Dengan kata lain, mereka mengandalkan struktur ban dan sasis untuk meredam getaran saat merlibaas jalanan yang tidak rata.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR