HOME » BERITA » TANPA PERLUASAN ASURANSI, MOBIL RUSAK AKIBAT GEMPA TIDAK DITANGGUNG

Tanpa Perluasan Asuransi, Mobil Rusak Akibat Gempa Tidak Ditanggung

Rabu, 10 Oktober 2018 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrsi mobil rusak karena gempa bumi (www.accuweather.com)

OTOSIA.COM - Banyak pemilik kendaraan yang belum menyadari pentingnya perlindungan kendaraan secara menyeluruh. Yang terjadi kemudian pemilik kendaraan harus merogoh kocek lebih dalam karena kendaraannya terkena kerusakan yang tidak termasuk dalam jaminan pertanggungan asuransi.

Indonesia sebagai negara yang rawan gempa, perluasan asuransi menjadi penting karena tidak semua perusahaan asuransi mau menanggung kerusakan akibat bencana alam.

Asuransi sendiri menawarkan beberapa perlindungan, termasuk bencana, seperti bencana alam banjir, angin topan, gempa bumi dan tsunami. Kategori bencana lainnya yakni huru-hara, kerusuhan, terorisme atau sabotase.

Jadi kerusakan mobil karena bencana sangat tergantung pada polis yang dimiliki pemilik kendaraan karena asuransi bencana terpisah dengan dari polis standar. Pasalnya tidak semua tempat memiliki resiko yang sama terhadap gempa bumi atau tsunami

“Tidak semua kerusakan dapat dicover oleh asuransi, seperti gempa. Kecuali jika pemegang polis melakukan perluasan jaminan,” kata CSR & Corporate Communication Dept. Head Adira Finance, Faridha Rahmaningsih.

Menurutnya perluasan asuransi sangat membantu bagi pemilik kendaraan yang terkena bencana alam, seperti gempa bumi di Lombok, Palu, maupun di Donggala. Jika tidak punya jaminan asuransi, dipastikan pemilik kendaraan akan mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki mobilnya.

Adira Insurance sendiri memiliki beberapa paket jaminan asuransi, seperti comprehensive 1 dan 2, serta total lost only (TLO).

Jadi kerusakan yang diakibatkan oleh gempa dan tsunami dapat ditanggung oleh pihak asuransi jika pemilik kendaraan memilih jenis all risk atau comprehensive, dan lalu tanggung jawab hukum pada pihak ke-3, semua kejadian yang diakibatkan pada alam, seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, tanah longsor, topan, hujan es serta badai dan banjir.

Sementara asuransi TLO menjamin kerusakan total atau kehilangan pada kendaraan hingga lebih dari 75 persen. Selain itu asuransi mobil Adira ini diantaranya memiliki garansi pekerjaan seumur hidup.

Dalam artian pertanggungan yang ditanggung ditambah dengan garansi sparepart mobil yang asli apabila terjadi kerusakan dan harus mengganti sukucadang. 

Reporter : Nazarudin Ray

 (kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR